Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran STAD dengan TSTS terhadap Keterampilan Sosial Muatan IPS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh signifikan antara model pembelajaran STAD dan TSTS terhadap keterampilan sosial muatan IPS kelas IV siswa SD. Keterampilan sosial siswa diukur dari aspek kenali diri, mengenal emosi, empati, simpati, berbagi, menolong, keterampilan bekerjasama, dan bersaing dengan indikator yang diamati yakni memiliki kesadaran akan dirinya sendiri, mengatur dan mengendalikan emosi, memiliki kepedulian, merasakan apa yang dirasakan orang lain, menghayati perasaan orang lain, memiliki sikap murah hati, membagi apa yang menjadi miliknya, membantu orang lain, menawarkan bantuan ke orang lain, saling menghargai, dan mengungguli orang lain. Jenis penelitian kuasi eksperimen (Quasi-Experimental Design). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif dan inferensial. Hasil Uji beda rata-rata menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD dan TSTS. Perbedaan signifikan dari penerapan dua model dapat dilihat pada rerata posttest keterampilan sosial dari kedua kelas. Kelas eksperimen STAD pada kelas IV memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 7,78 dibanding kelas kontrol TSTS. Hasil uji Independent Samples T-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) keterampilan sosial antara STAD dan TSTS = 0,000 < 0,05, jadi Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: STAD, TSTS, Keterampilan Sosial, IPS.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Fatmawati, D. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dengan Memperhatikan Ke-cerdasan Spiritual pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
Hilman, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(2), 144-152.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indriyani, C. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stray-Two Stray pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, T. J. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 99-107.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sumaatmadja, Nursid. (2008). Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusnaldi, E. (2017). Peningkatan Keterampilan Sosial pada Mata Kuliah IPS Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mahasiswa PGMI 4 Semester IV FITK TP 2016/2017. NIZHAMIYAH, 7(2)