Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD

Main Article Content

Fajar Prasetyo
Firosalia Kristin

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A dan 5B SD Negeri Suruh 01. Kelas 5A dengan jumlah 24 siswa merupakan kelas eksperimen dan kelas 5B dengan jumlah 23 siswa merupakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pretest-posttest soal dan lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil nilai pretest thitung (0,826) > ttabel (0,05) dan hasil posttest observasi thitung (0,689) > ttabel (0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil nilai posttest thitung (0,033) < ttabel (0,05) dan hasil posttest observasi thitung (0,006) < ttabel (0,05) menunjukkan ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Section
Articles

References

Amin, Mohammad. T. B. D. (2013). Portfolio Based Physics Learning Model To Improve Critical Thinking Skills. International Journal of Education and Research. Vol. 1 No. 9. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/8541

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dianawati, N. L., Riastini, N., Pudjawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas 5 SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1-9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10985

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 1(1), 65-71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/366

Ennis, R. H. (2013). Critical Thinking Across the Curriculum: The wisdom CTAC program. Inquiry Critical Thinking across the Disciplines, 28 (2), 25-45. https://scholar.uwindsor.ca/cgi/viewcontent.cgi?article=2014&context=ossaarchive

Etherington, M. B. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education. Vol. 36: Iss. 9, Article 4. https://ro.ecu.edu.au/ajte/vol36/iss9/4/

Hamdan, A. R., Kwan, C. L., Khan, A., Ghafar, Mohd. N. A., Sihes, A. J. (2014). Implementation of Problem Based Learning among Nursing Students. International Education Studies. Vol. 7., No. 7. https://www.semanticscholar.org/paper/Implementation-of-Problem-Based-Learning-among-Hamdan-Kwan/e5ada230a5d081f4000f17d5c276c506d8517a69

Nitko & Brookhart. (2011). Education Assessment of Students (6th ed). Boston: Perason Educational,Inc.

Nopia, R., Julia, Sujana A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 641-650. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2996

Sastrika, Ida Ayu Kade. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Tahun 2013. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/799

Susanti, O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 9, 858-867. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10809

Susiwi, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 2(1), 93-99. https://www.politeknikmbp.ac.id/phocadownloadpap/dosen/JurnalSKLVol2No12018/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20MASALAH%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20PKn%20SISWA.pdf