Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media buku cerita bergambar guna meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes kemampuan membaca. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Reseach and Development (R&D). Guna melihat efektivitas media menggunakan eskperimen, sehingga teknik analisis data menggunakan uji deskriptif statistik dan uji T. Berdasarkan uji descriptive statistics diperoleh rata-rata kemampuan pretest siswa sebesar 72,68 dengan nilai minimal 59 dan nilai maksimal 94, sedangkan rata-rata kemampuan membaca siswa ketika sudah dilakukan tindakan atau posttest sebesar 85,29 dengan nilai minimal 76 dan nilai maksimal 100, sehingga rata-rata pretest dan posttest meningkat 23,3%, persentase selisih nilai minimal sebesar 0,17%, presentase selisih nilai maksimal sebesar 0,06 %. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menggunakan Paired Sample Test menunjukkan bahwa Sig. 2 (tailed) sama dengan 0,000 atau kurang dari 0,05, yang artinya hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Implikasi dari penelitian ini untuk menjadi acuan penelitian selanjutnya.
Article Details
How to Cite
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Section
Articles
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, S. (2006 ). Prosedur Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta .
Faizah. (2009 ). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Bahasa Indonesia . Cakrawala Pendidikan , 39.
Haryadi. (2006 ). Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik . Semarang : Rumah Indonesia .
Huck , & Charlotte. (1987 ). Children Literature in Elementary School . Chicago : Rand Mc Nally College Publishing Company .
Kharizmi. (2019 ). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi . Jurnal Pendidikan Almuslim , 95 .
Nugraheni. (2019 ). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan , 327.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran . Depok: PT Rajagrafindo Persada .
Saepudin. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat . Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 272 .
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan. (2008 ). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung : Angkasa .
Wardoyo, Suyitno, & Suyono. (2016). Bahan Ajar Membaca Kritis-Kreatif untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora , 22-35.
Yusnadi. (n.d.). Filsafat Pendidikan. 54.
Zulkarnain. (2015). Pendidikan Kognitif Berbasis Karakter. 190.
Faizah. (2009 ). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Bahasa Indonesia . Cakrawala Pendidikan , 39.
Haryadi. (2006 ). Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik . Semarang : Rumah Indonesia .
Huck , & Charlotte. (1987 ). Children Literature in Elementary School . Chicago : Rand Mc Nally College Publishing Company .
Kharizmi. (2019 ). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi . Jurnal Pendidikan Almuslim , 95 .
Nugraheni. (2019 ). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan , 327.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran . Depok: PT Rajagrafindo Persada .
Saepudin. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat . Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 272 .
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan. (2008 ). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung : Angkasa .
Wardoyo, Suyitno, & Suyono. (2016). Bahan Ajar Membaca Kritis-Kreatif untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora , 22-35.
Yusnadi. (n.d.). Filsafat Pendidikan. 54.
Zulkarnain. (2015). Pendidikan Kognitif Berbasis Karakter. 190.