Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Main Article Content

Risma Tri Kurniawati
Henny Dewi Koeswanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media buku cerita bergambar guna meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes kemampuan membaca. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Reseach and  Development (R&D). Guna melihat efektivitas media menggunakan eskperimen, sehingga teknik analisis data menggunakan uji deskriptif statistik dan uji T. Berdasarkan uji descriptive statistics diperoleh rata-rata kemampuan pretest siswa sebesar 72,68 dengan nilai minimal  59 dan nilai maksimal 94, sedangkan rata-rata kemampuan membaca  siswa ketika sudah dilakukan tindakan atau posttest sebesar 85,29 dengan nilai minimal 76 dan nilai maksimal 100, sehingga rata-rata pretest dan posttest meningkat 23,3%, persentase selisih nilai minimal sebesar 0,17%, presentase selisih nilai maksimal sebesar 0,06 %. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menggunakan Paired Sample Test menunjukkan bahwa Sig. 2 (tailed) sama dengan 0,000 atau kurang dari 0,05, yang artinya hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Implikasi dari penelitian ini untuk menjadi acuan penelitian selanjutnya.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006 ). Prosedur Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta .
Faizah. (2009 ). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Bahasa Indonesia . Cakrawala Pendidikan , 39.
Haryadi. (2006 ). Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik . Semarang : Rumah Indonesia .
Huck , & Charlotte. (1987 ). Children Literature in Elementary School . Chicago : Rand Mc Nally College Publishing Company .
Kharizmi. (2019 ). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi . Jurnal Pendidikan Almuslim , 95 .
Nugraheni. (2019 ). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan , 327.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran . Depok: PT Rajagrafindo Persada .
Saepudin. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat . Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 272 .
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan. (2008 ). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung : Angkasa .
Wardoyo, Suyitno, & Suyono. (2016). Bahan Ajar Membaca Kritis-Kreatif untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora , 22-35.
Yusnadi. (n.d.). Filsafat Pendidikan. 54.
Zulkarnain. (2015). Pendidikan Kognitif Berbasis Karakter. 190.