PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Sri Wulan Anggraeni
Yayan Alpian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa SDN Muktiwari 02 melalui penerapan metode sugestopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus yang setiap siklusnya melalui proses pengkajian yang terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan melakukan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan metode sugestopedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Terbukti dengan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi siswa pada kondisi awal pra siklus dengan nilai rata-rata 51,88. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode sugestopedia mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,5,siklus II dengan nilai rata-rata 68,95, dan pada siklus III nilai rata-rata 75,2. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menerapkan metode sugestopedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Implikasi penelitian ini ditujukan kepada pendidik, peneliti, dan lembaga atau intansi yang terkait khususnya pihak sekolah agar dapat lebih peka terhadap  kebutuhan siswa dan meningkatkan kreativitas pendidik dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran bahasa Indonesia khusunya pembelajaran menulis puisi.

Kata kunci: kemampuan menulis puisi, metode sugestopedia.

 

APPLICATION OF SUGESTOPEDIA METHODS TO IMPROVE THE WRITING POETRY ABILITY OF VOCATIONAL SCHOOL OF ELEMENTARY SCHOOL

Abstract

This study is aimed to know students’ ability in increasing their poem writing at SDN muktiwari 02 by using method of sugestopedia. Research methodology used is classroom action research. The study is done in three of any cycles through research repeated, consisting of four stage, the plan, take action, observing, and reflection. This research result indicates that learning wrote poems by applying a method of sugestopedia can improve the ability of students writing poetry. Proven with the activity and study results wrote poems students on initial conditions pre cycle the average value of 51,88. After conducted the act of by applying method sugestopedia increased where the cycle I the average value of 62.5, cycle II the average value of 68,95, and in cycle III  the mean value of the 75,2. Hence, learning by applying method sugestopedia can improve the ability wrote poems. Implication this research shown to educator, researchers, and institution or intansi related especially the school that can more vulnerable to student needs and creative educator in learning especially learning the indonesian language especially learning wrote poems.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2018). PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 106–122. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1265
Section
Articles
Author Biography

Sri Wulan Anggraeni, Universitas Buana Perjuangan Karawang

S1 PGSD UPI S2 PGSD UNJ

References

Dardjowidjojo, S. (2002). Lima Pendekatan Mutakhir dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pelita SInar Harapan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Pradopo, R. D. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univeristy Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (1999). Approach and Methoids in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press.

Sadikin, M. (2010). Kumpulan Sastra Indonesia Pantun, Puisi, Majas, Pribahasa, Kata Mutiara. Jakarta: Gudang Ilmu.

Sudjana, N. (2005). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. (2007). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.