PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA PAHLAWAN PADA HASIL PENGAJARAN

Main Article Content

Wina Gusmayanti
R Siti Pupu Fauziah
Iyon Muhdiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat membaca cerita pahlawan pada pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kolerasi fungsional. Populasi yang dipakaikan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Pancawati 02 Kelas V A, yang berjumlah 30 siswa. Data yang digunakan adalah  dilakukan adalah angket minat membaca cerita pahlawan. Kesimpulan dari akhir penelitian ini menunjukan pada persamaan regresi yaitu hasil pengujian melalui analisis regresi menunjukkan adanya kesamaan regresi 14Y"> = 22.6%.+ 0.608X dapat dikatakan terdapat pengaruh minat membaca cerita pahlawan pada hasil pembelajaran di mata pembelajaran IPS dengan hubungan yang terbanding lurus. Koefisien determinasi yaitu 0,7922 = 0,627. Nilai hasil belajar terbesar siswa sebesar 62,7% sedangkan 37,3 hasil pembelajaran murid dipengaruhi dengan faktor lain.

Kata kunci: hasil belajar IPS, minat membaca cerita pahlawan.


INFLUENCE OF INTEREST READING STORIES HEROES ON LEARNING

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of interest in reading the story of the hero of social sciince learning. The method used in this research is functional correlation method. The population in this study were students of SDN Pancawati 02 Class V A, which amounted to 30 students. The data used is done is a questionnaire of interest in reading the story of the hero. The conclusion from the end of this study shows the regression equation is the test results through regression analysis shows the similarity of regression Y = 22.6%. + 0.608X can be said there is an influence interest in reading the story of the hero on the learning outcomes in the eyes of social science learning with a straightly related relationship. The coefficient of determination is 0.7922 = 0.627. The value of the largest learning outcomes of students by 62.7% while 37.3 student learning outcomes is influenced by other factors.

Article Details

How to Cite
Gusmayanti, W., Fauziah, R. S. P., & Muhdiyati, I. (2018). PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA PAHLAWAN PADA HASIL PENGAJARAN. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1109
Section
Articles
Author Biographies

Wina Gusmayanti, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

R Siti Pupu Fauziah, Universitas Djuanda

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Iyon Muhdiyati, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Henry, G.T. (2008). Membaca. Bandung : Angkasa Bandung.

Lembaga, Percetakan AL-QUR’AN. (2010) Al-Qur’ An Dan Terjemahnya. Ciawi: Lembaga, Percetakan AL-QUR’AN.

Susan, L. & Margaret, M.K (2018). Reading Aloud: Children's Attitudes toward Being Read to at Home and at School. Australian Journal of Teacher Education, 43(3): 124-139.