Menumbuhkan Cinta Nabi Muhammad Kepada Anak-anak Melalui Syair Kisah Sang Rasul

Main Article Content

Muhammad Rendi Ramdhani
Siti Pupu Fauziah
Nuril Nuraeni Apriliyanti
Farhan Abdul Mujib Aang

Abstract





Mencari sosok yang diidolakan untuk saat ini sangat mudah bagi banyak orang, hal ini disebabkan karena majunya teknologi. Banyak informasi, hiburan yang mudah didapatkan dari teknologi yang maju. Tidak sedikit juga bagi anak muda di desa Pandansari kecamatan Ciawi kabupaten Bogor, lebih tepatnya di RT 03 RW 06 yang memiliki teknologi canggih, dan dengan teknologi tersebut para anak muda dan kalangan lainnya bisa mengidolakan sosok yang ia temukan di sosial media. Namun sangat disayangkan bahwa, sosok yang diidolakan tidak sepatutnya menjadi idola dan tidak membawa pada hal hal positif yang mengarah pada ajaran Islam. Tujuan dari pada penelitian ini untuk mengenalkan kepada semua kalangan bahwa ada yang seharusnya menjadi sosok yang diidolakan, yakni Nabi Muahmmad SAW. Riset ini menggunakan 3 tahap, yaitu Observasi, Pelaksanaan dan Evaluasi. Pengenalan sosok Nabi melalui syair tentang kisah sang rosul yang menceritakan perjalanannya dari kecil hingga wafat, dan mengenalkan betapa besarnya perjuangan beliau dalam memperjuangkan Islam. Dalam pengenalan sosok Nabi Muhammad ini melalui metode bernyanyi, karena metode ini menjadi salah satu metode yang diminati dan efektif untuk dipelajari utamanya bagi anak anak. Hal ini dapat mengenal dan mengingat sosok Nabi Muhammad, dan setelahnya menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad hingga dapat menjadi sosok idola yang sangat istimewa.





Article Details

How to Cite
Muhammad Rendi Ramdhani, Siti Pupu Fauziah, Nuril Nuraeni Apriliyanti, & Aang, F. A. M. (2023). Menumbuhkan Cinta Nabi Muhammad Kepada Anak-anak Melalui Syair Kisah Sang Rasul. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 153–161. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7456
Section
Articles

References

Ahmad, H. R. (2021). Syekh Yusri: Cara Mendidik Anak Mencintai Nabi Muhammad. Sanad Media. https://sanadmedia.com/post/syekh-yusri-cara-mendidik-anak-mencintai-nabi-muhammad

Al-Buthi, S. M. S. R. (1999). Sirah Nabawiyah. Robbani Press.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Khoiruddin, A. (2022). 7 Hadits Nabi tentang Cinta. Sanad Media. https://sanadmedia.com/post/7-hadits-nabi-tentang-cinta

Muliawan, J. U. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

S, M. R. (2020). Surah Al-Ahzab Ayat 21-22; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an. Peci Hitam. https://pecihitam.org/surah-al-ahzab-ayat-21-22-terjemahan-dan-tafsir-al-quran/

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Sunnatullah. (2021). Imam Al-Ghazali: Hakikat Cinta, Macamnya dan yang Berhak dicinta. NU Online. https://islam.nu.or.id/tasawuf-akhlak/imam-al-ghazali-hakikat-cinta-macamnya-dan-yang-berhak-dicinta-NMeCs

Tiurma, N. (2020). PENDIDIKAN SENI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI. 1(2), 274–282.