Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembuatan dan Pementasan Wayang Kertas

Main Article Content

Annisa Nurhaliza
Siti Pupu Fauziah

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai
dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Di sekolah siswa belajar sambil bemain dengan bantuan dari guru dan menggunakan bahan ajar modul dengan berbagai tema yang disediakan oleh pemerintah. Pembelajaran pada anak usia dini harus didukung dengan pendidikan karakter yang melekat pada diri anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam rangka membantu anak usia dini untuk memperoleh pendidikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran
tentunya harus ditunjang dengan media yang menarik agar anak-anak lebih interaktif dalam proses belajar. Kegiatan ini memiliki target agar anak-anak senang mengikuti pembelajaran sehingga pesan yang disampaikan dikemas secara menarik. Metode dari kegiatan ini menggunakan metode Demonstrasi yang memfokuskan pada pembuatan dan pementasan media wayang kertas secara bersama-sama. Tahapan kegiatan ini dimulai dari penentuan ide yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penggunaan media pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini yaitu anak-anak menjadi lebih interaktif dalam pembelajaran, dan dapat menanamkan rasa cinta akan budaya bangsa.

Article Details

How to Cite
Annisa Nurhaliza, & Siti Pupu Fauziah. (2021). Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembuatan dan Pementasan Wayang Kertas. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 183–192. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4393
Section
Articles

References

Christianna, A., & Petra, U. K. (2013). PELATIHAN PERANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE ) BERBASIS BAHAN BEKAS UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD ) SESIWALANKERTO SURABAYA. 1(1), 7–13.

Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia. (2003). Alat Permainan Edukatif untuk Kelompok Bermain. Jakarta : Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2002). Acuan Menu Pembelajaran pada Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pendidik- an Anak Usia Dini Ditjen PLSP. Depdiknas

Eliyawati, H. C., Pd, M., Guru, P., Anak,P., & Dini, U. (2010). BAHAN AJAR.

Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, N., Rivai, A(1997). Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

Sudono, Anggani. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Depdiknas.

Suhaenah, A.S. (1998). Pemanfaatan dan Pengembangan Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Zaman, B., Hernawan, A.H. dan Eliyawati, C. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Most read articles by the same author(s)