Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembuatan dan Pementasan Wayang Kertas
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai
dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Di sekolah siswa belajar sambil bemain dengan bantuan dari guru dan menggunakan bahan ajar modul dengan berbagai tema yang disediakan oleh pemerintah. Pembelajaran pada anak usia dini harus didukung dengan pendidikan karakter yang melekat pada diri anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam rangka membantu anak usia dini untuk memperoleh pendidikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran
tentunya harus ditunjang dengan media yang menarik agar anak-anak lebih interaktif dalam proses belajar. Kegiatan ini memiliki target agar anak-anak senang mengikuti pembelajaran sehingga pesan yang disampaikan dikemas secara menarik. Metode dari kegiatan ini menggunakan metode Demonstrasi yang memfokuskan pada pembuatan dan pementasan media wayang kertas secara bersama-sama. Tahapan kegiatan ini dimulai dari penentuan ide yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penggunaan media pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini yaitu anak-anak menjadi lebih interaktif dalam pembelajaran, dan dapat menanamkan rasa cinta akan budaya bangsa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Christianna, A., & Petra, U. K. (2013). PELATIHAN PERANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE ) BERBASIS BAHAN BEKAS UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD ) SESIWALANKERTO SURABAYA. 1(1), 7–13.
Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia. (2003). Alat Permainan Edukatif untuk Kelompok Bermain. Jakarta : Depdiknas.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2002). Acuan Menu Pembelajaran pada Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pendidik- an Anak Usia Dini Ditjen PLSP. Depdiknas
Eliyawati, H. C., Pd, M., Guru, P., Anak,P., & Dini, U. (2010). BAHAN AJAR.
Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, N., Rivai, A(1997). Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Sudono, Anggani. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Depdiknas.
Suhaenah, A.S. (1998). Pemanfaatan dan Pengembangan Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.
Zaman, B., Hernawan, A.H. dan Eliyawati, C. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.