Pendampingan Belajar Anak di Luar Sekolah melalui Kegiatan Les Belajar

Main Article Content

Yasmin Oktaviani
Irma Inesia Sri Utami

Abstract

Proses belajar tidak hanya didapatkan di sekolah, namun bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja. Pada dasarnya, proses belajar bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Permasalahan yang ada di RT 02/ RW 01 Desa Bendungan, yaitu adanya anak-anak yang mengalami kesulitan belajar dan kurangnya minat belajar serta kurangnya pendidikan. Selain itu, kualitas pendidikan yang rendah membuat para orang tua kesulitan dalam mengajari anaknya dalam pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran anak dalam mengatasi kesulitan belajar di sekolah serta meningkatkan motivasi, minat, pemahaman, dan pengetahuan anak. Selain itu, untuk membantu orang tua dalam pendidikan anak. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi secara langsung. Tahap pelaksanaannya, yaitu pengamatan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah anak-anak bisa mengerjakan PR secara mandiri, bisa memahami pelajaran yang sebelumnya tidak mengerti menjadi mengerti, mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru untuk menambah wawasan mereka. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini efektif untuk meningkatkan motivasi, minat, dan prestasi belajar anak. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat di RT tersebut terlebih kepada anak-anak dalam proses pembelajaran serta orang tua mereka. Sarannya adalah sebaiknya pihak Desa Bendungan bisa bekerjasama dengan komunitas belajar maupun tenaga profesional untuk melakukan kegiatan les belajar agar tetap berlanjut.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, Y., & Sri Utami, I. I. (2023). Pendampingan Belajar Anak di Luar Sekolah melalui Kegiatan Les Belajar . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 38–48. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6595
Section
Articles

References

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Jera, R. P. (2020). Pendampingan Les Tambahan Mata Pelajaran Matematika di Taman Baca Gracia melalui Bimbingan Belajar Peserta Didik di Kelurahan Prailiu. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(3), 1–4. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i03.1969

Rani, R., Hafiz, G., Ajat, M., & Man, H. (2022). Bimbingan Belajar (Solusi dalam Mengatasi Permasalahan di RT. 05 dalam Bidang Pendidikan). Jurnal Al-Maun:Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12.

Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02), 36–43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7