Pendampingan Belajar Anak di Luar Sekolah melalui Kegiatan Les Belajar
Main Article Content
Abstract
Proses belajar tidak hanya didapatkan di sekolah, namun bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja. Pada dasarnya, proses belajar bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Permasalahan yang ada di RT 02/ RW 01 Desa Bendungan, yaitu adanya anak-anak yang mengalami kesulitan belajar dan kurangnya minat belajar serta kurangnya pendidikan. Selain itu, kualitas pendidikan yang rendah membuat para orang tua kesulitan dalam mengajari anaknya dalam pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran anak dalam mengatasi kesulitan belajar di sekolah serta meningkatkan motivasi, minat, pemahaman, dan pengetahuan anak. Selain itu, untuk membantu orang tua dalam pendidikan anak. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi secara langsung. Tahap pelaksanaannya, yaitu pengamatan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah anak-anak bisa mengerjakan PR secara mandiri, bisa memahami pelajaran yang sebelumnya tidak mengerti menjadi mengerti, mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru untuk menambah wawasan mereka. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini efektif untuk meningkatkan motivasi, minat, dan prestasi belajar anak. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat di RT tersebut terlebih kepada anak-anak dalam proses pembelajaran serta orang tua mereka. Sarannya adalah sebaiknya pihak Desa Bendungan bisa bekerjasama dengan komunitas belajar maupun tenaga profesional untuk melakukan kegiatan les belajar agar tetap berlanjut.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564
Jera, R. P. (2020). Pendampingan Les Tambahan Mata Pelajaran Matematika di Taman Baca Gracia melalui Bimbingan Belajar Peserta Didik di Kelurahan Prailiu. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(3), 1–4. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i03.1969
Rani, R., Hafiz, G., Ajat, M., & Man, H. (2022). Bimbingan Belajar (Solusi dalam Mengatasi Permasalahan di RT. 05 dalam Bidang Pendidikan). Jurnal Al-Maun:Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12.
Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02), 36–43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7