Peningkatan Literasi Membaca Anak Melalui Pojok Baca
Main Article Content
Abstract
Membaca adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan semua orang. Dari berbagai permasalahan yang ada di Desa Bendungan RT 02 RW 01 yaitu kurangnya minat baca, kurangnya pendidikan membaca bagi anak-anak, masih rendahnya kemahiran membaca anak di sekolah dasar, banyaknya pengaruh media teknologi seperti gadget yang mengalihkan perhatian anak-anak dari buku, dan sulitnya orang tua dalam memberikan pendidikan membaca kepada anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan, membantu dan menumbuhkan minat membaca anak-anak. Serta sebagai tempat untuk bahan bacaan terdekat bagi anak-anak, remaja dan orang tua. Juga menambah ilmu dan wawasan mereka dari membaca serta bisa memudahkan para orang tua dalam belajar anaknya dirumah. Juga sebagai tempat yang bisa mengalihkan perhatian anak-anak yang sering berlebihan bermain gadget. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menggunakan 4 tahap seperti refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Hasil kegiatan minat baca anak menjadi meningkat, tingkat bermain gadget anak-anak berkurang karena dialihkan dengan kegiatan membaca, anak-anak menjadi lancar dan fasih membaca. Dengan kegiatan pengabdian ini sebagai sarana membaca bagi anak-anak, dapat memfasilitasi mereka dalam menambah wawasan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku baik itu buku pelajaran, edukasi, ilmu pengetahuan umum dan lain sebagainya, juga dengan adanya kegiatan ini setidaknya dapat mengisi waktu luang anak-anak tersebut dengan hal yang bermanfaat dan tentunya dapat mengurangi kebiasaan mereka yang sering bermain gadget. Sebaiknya pihak pengelola dapat bekerjasama dengan pihak desa dalam peningkan fasilitas dan ruang khusus untuk kegiatan ini.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Wahyudi, H. R., Meliniarta, N., Muhamad, R., Widonarko, S. A., & Kusuma, S. W. D. (2021). Penyediaan Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(45), 39–47.