Implementasi Metode Talaqqi Melalui Kegiatan KKN AKB Di PAUD QU AR-RAHMAN PANDANSARI
Main Article Content
Abstract
Kegiatan KKN merupakan bentuk partisipasi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda Bogor melalui kegiatan ini penulis menjadikan PAUD Qu sebagai objek dalam penerapan metode talaqqi karena merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan program tahfidz qur’an dan belum memilikki metode husus dalam menghafal. Metode talaqqi yaitu Metode menghafal Alqur’an dengan cara menyetorkan atau memperdengarkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru atau instruktur. Metode talaqqi ini di implementasikan di PAUD Qu Ar-Rohman melalui Kegiatan KKN, dalam menghafal dengan metode talaqqi anak-anak lebih antusias dan hafalan pun lebih cepat ketika.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Anwar, S. S. (2016). Quality Student of Muslim Achivement: Kualitas Anak Dini dalam Islam. Bandung: Yayasan Doa Para Wali.
Haryani, L. D., & Muhtar Arifin Sholeh. (2019). Efektifitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Peserta Didik SDIT Ulul Alba. Ta'dibuna, 2(02), 47-52.
Kartika. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz AlQur'an Berbasis Metode Talaqqi. ISEMA (Islamic Educational Management), 4(2), 268-256.
Makhyaruddin. (2013). Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur'an. Jakarta Selatan: PT.Mizan Publika.
Pendidikan, K. (2019, Desember). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur'an. Khazanah Pendidikan, 1(1), 22-37.
Qawi, A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan AlQur'an Melalui Metode Talaqqi. Islam Futura, 16(2), 265-283.
Sutopo, E. (2020). Selaksa Rasa KBM Online. Banyu Mas: Omera Pustaka.