Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Program Sudut Literasi di RT 02/RW 01 Kp. Bendungan Desa Bendungan
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10382Keywords:
Motivasi Belajar, Sudut Literasi, Bimbingan BelajarAbstract
Bimbingan belajar adalah pemberian dukungan kepada siswa melalui pembimbing dengan keahlian di bidang dukungan akademik yang relevan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui perlu diadakannya bimbingan belajar yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik. Metode yang digunakaan pada penelitian ini dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan 4 tahap diantaranya ; refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Motivasi belajar dapat menurun jika ada yang mengalami kesulitan belajar, lingkungan yang tidak nyaman, kehilangan minat, kurangnya dukungan sosial dan lainnya. Sudut literasi merupakan sebagai wadah proses pemberian dukungan, arahan, dan bantuan kepada individu dalam meningkatkan kemampuan belajar, kreativitas, pemahaman materi, dan prestasi akademik mereka. Ini adalah bentuk pendampingan pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta belajar mencapai potensi terbaik mereka dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran. Dari hasil kegiatan menunjukkan bahwa Sudut Literasi Desa Bendungan RT 02/ RW 01 berperan penting dalam meningkatkan minat membaca masyarakat khususnya anak-anak berusia 6 sampai dengan 18 tahun. Selain meningkatkan minat belajar adanya sudut literasi dapat juga meningkatkan kemampuan membaca, pemahaman, pengetahuan dan keterampilan anak.
References
Apriyanti, D., Nabilah, N., Sarinah, I., & Mufidah, V. N. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Masyarakat Desa Cibeuteung Udik Melalui Program ‘Saung Baca.’ PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.47776/praxis.v1i1.547
Deanoari Anugrah, W., Faila Saufa, A., Irnadianis, H., Uin, ), & Kalijaga, S. (2022). PERAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DUSUN NGRANCAH. In Jurnal Pustaka Budaya (Vol. 9, Issue 2). https://journal.unilak.ac.id/index/php/pd/N. W. S. Darmayanti. (n.d.).
Nuraisyah, S., Risandi, A., Inesia Sri Utami, I., Djuanda Bogor, U., Tol Jagorawi No, J., Ciawi, K., Bogor, K., Barat, J., Kunci, K., Baca, L., Minat Membaca, P., & Baca, P. (n.d.). Peningkatan Literasi Membaca Anak Melalui Pojok Baca. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.xxxx Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K., &
Sajidah, A. (2022). Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 20–34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).