Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Program Sudut Literasi di RT 02/RW 01 Kp. Bendungan Desa Bendungan

Main Article Content

Aenun Rahmawati
Radif Khotamir Rusli
Zahra Khusnul Lathifah

Abstract

Bimbingan belajar adalah pemberian dukungan kepada siswa melalui pembimbing dengan keahlian di bidang dukungan akademik yang relevan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui perlu diadakannya bimbingan belajar yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar  bagi peserta didik. Metode yang digunakaan pada penelitian ini dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan 4 tahap diantaranya ; refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Motivasi belajar dapat menurun jika ada yang mengalami kesulitan belajar, lingkungan yang tidak nyaman, kehilangan minat, kurangnya dukungan sosial dan lainnya. Sudut literasi merupakan sebagai wadah proses pemberian dukungan, arahan, dan bantuan kepada individu dalam meningkatkan kemampuan belajar, kreativitas, pemahaman materi, dan prestasi akademik mereka. Ini adalah bentuk pendampingan pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta belajar mencapai potensi terbaik mereka dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran. Dari hasil kegiatan menunjukkan bahwa Sudut Literasi Desa Bendungan RT 02/ RW 01 berperan penting dalam meningkatkan minat membaca masyarakat khususnya anak-anak berusia 6 sampai dengan 18 tahun. Selain meningkatkan minat belajar adanya sudut literasi dapat juga meningkatkan kemampuan membaca, pemahaman, pengetahuan dan keterampilan anak.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A., Khotamir Rusli, R. ., & Khusnul Lathifah, Z. . (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Program Sudut Literasi di RT 02/RW 01 Kp. Bendungan Desa Bendungan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10382
Section
Articles

References

Apriyanti, D., Nabilah, N., Sarinah, I., & Mufidah, V. N. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Masyarakat Desa Cibeuteung Udik Melalui Program ‘Saung Baca.’ PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.47776/praxis.v1i1.547

Deanoari Anugrah, W., Faila Saufa, A., Irnadianis, H., Uin, ), & Kalijaga, S. (2022). PERAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DUSUN NGRANCAH. In Jurnal Pustaka Budaya (Vol. 9, Issue 2). https://journal.unilak.ac.id/index/php/pd/N. W. S. Darmayanti. (n.d.).

Nuraisyah, S., Risandi, A., Inesia Sri Utami, I., Djuanda Bogor, U., Tol Jagorawi No, J., Ciawi, K., Bogor, K., Barat, J., Kunci, K., Baca, L., Minat Membaca, P., & Baca, P. (n.d.). Peningkatan Literasi Membaca Anak Melalui Pojok Baca. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.xxxx Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K., &

Sajidah, A. (2022). Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 20–34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484