Pembuatan Pojok Bersih Bernilaikan Budaya Ciri Khas Wilayah Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Indonesia

Main Article Content

Nisha Nur Aisyah
Hasan Bisri
Suwilah

Abstract

Tulisan ini disusun berdasarkan salah satu program dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu pembuatan pojok bersih bernilaikan budaya ciri khas  di Kampung Batik berupa pohon kayu manis. Kampung Batik ini merupakan salah satu wilayah PTPN yang berlokasikan di Gunung Mas Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, yang mana perkampungan yang berada di ketinggian 1200 mdpl membuat desa ini sangat kaya akan berbagai macam tanaman. Pembuatan pojok bersih bernilaikan budaya ciri khas ini mempunyai tujuan untuk menyadarkan masyarakat sekitar mengenai adaptasi kebiasaan baru yang harus kita jalani semasa pandemi, tanpa menghilangkan rasa bangga terhadap kekayaan tanah sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari program ini antara lain:1) Menambah inventaris kebersihan desa, 2) Membuat masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan diri, dan 3) Dengan diletakkan dititik strategis maka masyarakat dengan mudah terdorong untuk mencuci tangan disini.

Article Details

How to Cite
Nur Aisyah, N., Bisri, H., & Suwilah. (2022). Pembuatan Pojok Bersih Bernilaikan Budaya Ciri Khas Wilayah Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN): Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6215
Section
Articles

References

Depkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease (COVID-19). Jakarta. Kemenkes RI & Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (38th ed.). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat: Jurnal Ilmu AL-Quran, Hadits, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode penelitian pendidikan: Metode penelitian pendidikan/penelitian memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi,inovasi dan juga dasar-dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan (Cet-10). Bandung. Remaja Rosdakarya.