Pembuatan Pojok Bersih Bernilaikan Budaya Ciri Khas Wilayah Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6215Keywords:
Characteristic, Personal HygineAbstract
Tulisan ini disusun berdasarkan salah satu program dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu pembuatan pojok bersih bernilaikan budaya ciri khas di Kampung Batik berupa pohon kayu manis. Kampung Batik ini merupakan salah satu wilayah PTPN yang berlokasikan di Gunung Mas Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, yang mana perkampungan yang berada di ketinggian 1200 mdpl membuat desa ini sangat kaya akan berbagai macam tanaman. Pembuatan pojok bersih bernilaikan budaya ciri khas ini mempunyai tujuan untuk menyadarkan masyarakat sekitar mengenai adaptasi kebiasaan baru yang harus kita jalani semasa pandemi, tanpa menghilangkan rasa bangga terhadap kekayaan tanah sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari program ini antara lain:1) Menambah inventaris kebersihan desa, 2) Membuat masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan diri, dan 3) Dengan diletakkan dititik strategis maka masyarakat dengan mudah terdorong untuk mencuci tangan disini.References
Depkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease (COVID-19). Jakarta. Kemenkes RI & Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (38th ed.). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat: Jurnal Ilmu AL-Quran, Hadits, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode penelitian pendidikan: Metode penelitian pendidikan/penelitian memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi,inovasi dan juga dasar-dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan (Cet-10). Bandung. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).