Menumbuhkan Budaya Baca melalui Penyediaan Fasilitas Bacaan

Hasan Bisri, Sobrul Laeli

Abstract


Program PKM dilatarbelakangan kurangnya minat baca para siswa MI Mathlaul Anwar akibat tidak tersedia fasilitas bacaan. Tujuan program yaitu untuk menumbuhkan minat baca pada siswa dan siswi MI Mathlaul Anwar melalui penyediaan fasilitas (ruang) baca. Pelaksanaan program dilakukan dalam tiga bentuk kegiatan yaitu rehabilitasi ruang baca, penyediaan bahan bacaan, dan seminar motivasi membaca dan belajar. Dampak dari program siswa dapat memanfaatkan ruang baca. Hal itu terlihat setelah dilakukan serah terima fasilitas membaca, para siswa antusias memanfaatkan buku-buku yang tersedia. Implikasi program sekolah harus memberikan penyadaran gemar membaca di kalangan siswa secara continue, guru memanfaatkan fasilitas ruang baca untuk sumber belajar, dan siswa membudayakan membaca

Keywords


fasilitas, budaya membaca, buku

Full Text:

PDF

References


Harras, K. A. (2011). Hakikat dan Proses Membaca. In K. Harras, E. T. Priyatni, & T. Harsiati, Membaca 1 (pp. 1.1-1.15). Jakarta: Universitas Terbuka.

Ismail, T. (2006). Sastra Diantar Masuk Sekolah dengan Asyik dan Gemuruh. In A. Ismail, Mengantar Sastra ke Tengah Siswa (p. xv). Jakarta: Yayasan Indonesia dan Majalah Sastra Horison.

Martin, M. O., Mullis , I. V., & Kennedy, A. M. (2007). PIRLS 2006 Technical Report. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Solidarity, VI(2), 167-179.

Sayed, H., Newman, J., & Morrison, P. (1998). Indonesia Education in Indonesia From Crisis to Recovery. World Bank.

Warta/KS, T. (2016, April 12). Retrieved from www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8459.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

P-ISSN 2721-1541 | E-ISSN 2721-5113

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Kodepos 16720

Gedung G Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently

EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Copyright  2020 Universitas Djuanda