Upaya Peningkatan Implementasi Pendidikan Di Era Milenial Di Desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU

Main Article Content

Muhammad Doni Sanjaya
Muhamad Rama Sanjaya

Abstract

Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di Desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU dan dilatar belakangi dengan minimnya nilai karakter anak pada zaman now seperti anak lebih menyukai permainan game buatan luar negeri daripada permainan tradisonal, sikap dan norma etika anak yang semakin berkurang terhadap orang yang lebih tua, sikap egois, nyeleneh, egois dan masih banyak lagi,hal itu disebabkan dengan semakin canggihnya teknologi yang mempengaruhi mental anak dalam berperilaku pada zaman sekarang, oleh karena itu kegiatan pengabdian pada masyarakat ini perlu untuk diselenggarakan di desa tersebut. Tidak lain untuk membekali dengan pengetahuan nilai-nilai karakter anak. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami upaya peningkatan implementasi pendidikan di era milenial khusunya di desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU. Metode yang digunakan adalah kegiatan penyuluhan dengan mengikuti mekanisme perencaan, pelaksanaan serta evaluasi.  Hasil penelitian menunjukkan guru harus mampu menggunakan, memanfaatkan akses teknologi yang sudah disiapkan oleh satuan pendidikan untuk mengimplementasikan melek teknologi dan IT. Saran yang didapat adalah semua guru harus mampu menggunakan teknologi dan IT baik tua dan muda dengan cara belajar menggunakan teknologi yang arif dan bijak.

Article Details

How to Cite
Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2022). Upaya Peningkatan Implementasi Pendidikan Di Era Milenial Di Desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.4505
Section
Articles

References

Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 25-30.

Bambang, Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Landasan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Fatmawati, N. I. (2019). Literasi digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

Fuad, Hasan. 2010. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Iktiar Baru Van Hoove.

Hasim, A., & Ramly, A. T. (2021). PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP PADA ABAD 21 (MILLENIAL) DI PONDOK PESANTREN. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(1).

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.

Jailani, M. S. (2014). Guru profesional dan tantangan dunia pendidikan. Al-Ta lim Journal, 21(1), 1-9.

Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Paristiyanti Nurwardani,dkk. 2016. Panduan Teknologi Pembelajaran Vokasi. Jakarta: Ristek Dikti.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27.

Rahman, A. (2009). Pembinaan profesional Guru SMK (kajian kualitatif pada SMK di Bandung). Jurnal Tabularasa, 6(1), 14-26.

Sanjaya, M. R., & Sari, D. A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH DI KELAS VI SD NEGERI 5 OKU. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 225-231.

Sanjaya, M. R. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULISRINGKASAN DAN IKHTISAR PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS FKIP UNIVERSITAS BATURAJA. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 3(1), 1-15.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika, D. (2021). ANALISIS NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN KELUARGA KU TAK SEMURAH RUPIAH KARYA R AYI HENDRAWAN SUPRIADI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 19-24.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Kusuma, A. B. (2020). PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU MTS SATU ATAP OKU. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (ABDIMAS) UNIVERSITAS BATURAJA, 1(1), 11-17. Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1-13.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.