Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU

Main Article Content

Muhammad Doni Sanjaya
Muhammad Rama Sanjaya

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertempat di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Adapun judul materi yang disampaikan yaitu Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Latar belakang penyuluhan ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang masih rendah. Kesalahan dalam penulisan seringkali terjadi. Hal ini diakibatkan oleh motivasi yang rendah, pengetahuan yang masih minim dan lain sebagianya. Fenomena ini memang sering terjadi dalam lingkungan sekolah. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan pelatihan penulisan yang lebih optimal. Oleh karena itulah perlu dilakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam menulis khususnya di SMP Negeri 48 SATAP OKU, sehingga kemampuan siswa dalam menulis dapat menjadi lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan observasi, penyuluhan, dan mendemonstrasikan langkah-langkah dalam menulis paragraf. Pengabdian ini menitikberatkan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis khususnya paragraf. Sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi bekal siswa dalam memasuki dunia kerja.

Article Details

How to Cite
Sanjaya, M. D., & Rama Sanjaya, M. (2024). Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 34–38. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.11226
Section
Articles

References

Al-Shujairi, Yasir Bdaiwi Jasim, and Helen Tan. (2017). Grammar Errors in the Writing of Iraqi

English Language Learners. International Journal of Education and Literacy Studies 5(4):122–30.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Fathonah, Siti dan Romadhan. (2019). Dasar-dasar Menulis Paragraf Deskripsi. Yogyakarta: Deepublish.

Finoza, Lamuddin. (2002). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan MuliaHarmer, Jeremy. (2011). ThePractice of English Language Teaching. Pearson: Longman

Keraf, Gorys. (2020). Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.

Littlewood, W. (2011). Communicative Language Teaching. In E. H. ed., Handbook of Research in SecondLanguage Teaching and Learning Vol. II. New York: Routledge.

Littlewood, W. (2002). Communicative Language Teaching.Cambridge: Cambridge University Press.

Munirah dan Hardian. (2016). Pengaruh kemampuan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis paragraph deskripsi siswa SMA. Journal of Language and Literature Education,16(7), 78-87.DOI: http://dx.doi.org/10.17509/bs_j pbsp.v15i2

Richards, J. C. (2006). Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University PressWahyudin.

Agus. (2022). Pelatihan menulis deskripsi realistis siswa paket A di PKBM As-Sahabat, Bogor. DIMA LIA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-19.