Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.11226Keywords:
Pelatihan, Penulisan, ParagrafAbstract
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertempat di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Adapun judul materi yang disampaikan yaitu Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Latar belakang penyuluhan ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang masih rendah. Kesalahan dalam penulisan seringkali terjadi. Hal ini diakibatkan oleh motivasi yang rendah, pengetahuan yang masih minim dan lain sebagianya. Fenomena ini memang sering terjadi dalam lingkungan sekolah. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan pelatihan penulisan yang lebih optimal. Oleh karena itulah perlu dilakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam menulis khususnya di SMP Negeri 48 SATAP OKU, sehingga kemampuan siswa dalam menulis dapat menjadi lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan observasi, penyuluhan, dan mendemonstrasikan langkah-langkah dalam menulis paragraf. Pengabdian ini menitikberatkan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis khususnya paragraf. Sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi bekal siswa dalam memasuki dunia kerja.
References
Al-Shujairi, Yasir Bdaiwi Jasim, and Helen Tan. (2017). Grammar Errors in the Writing of Iraqi
English Language Learners. International Journal of Education and Literacy Studies 5(4):122–30.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Fathonah, Siti dan Romadhan. (2019). Dasar-dasar Menulis Paragraf Deskripsi. Yogyakarta: Deepublish.
Finoza, Lamuddin. (2002). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan MuliaHarmer, Jeremy. (2011). ThePractice of English Language Teaching. Pearson: Longman
Keraf, Gorys. (2020). Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.
Littlewood, W. (2011). Communicative Language Teaching. In E. H. ed., Handbook of Research in SecondLanguage Teaching and Learning Vol. II. New York: Routledge.
Littlewood, W. (2002). Communicative Language Teaching.Cambridge: Cambridge University Press.
Munirah dan Hardian. (2016). Pengaruh kemampuan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis paragraph deskripsi siswa SMA. Journal of Language and Literature Education,16(7), 78-87.DOI: http://dx.doi.org/10.17509/bs_j pbsp.v15i2
Richards, J. C. (2006). Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University PressWahyudin.
Agus. (2022). Pelatihan menulis deskripsi realistis siswa paket A di PKBM As-Sahabat, Bogor. DIMA LIA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).