Pemberdayaan Mayarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor
Main Article Content
Abstract
Kompetensi guru merupakan keahlian yang perlu dimiliki oleh guru. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern ini, guru tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengajar tetapi juga dituntut untuk menguasai teknologi dan informasi. Namun pada kenyataannya, masih banyak guru yang belum mengetahui bagaimana cara memaksimalkan teknologi informasi tersebut. Oleh karena itu, perlu diadakannya pelatihan. Peningkatan ekonomi masyarakat adalah hal yang juga mutlak untuk dilakukan disamping peningkatan kualitas pendidikan. ketika ekonomi masyarakat rendah, maka hal ini akan berdampak pada segala aspek lainnya. Dikarenakan tingkat ekonomi masyarakat masih rendah, maka diperlukan solusi untuk membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi, terutama masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang kelontong yang jumlahnya cukup banyak di Desa Pagelaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelatihan teknologi informasi dalam meningkatkan kompetensi guru. Tahapan pengabdian yang dilakukan adalah (1). Analisis masalah., (2) Menyusun rencana Kegiatan, (3) Melaksanakan Kegiatan, (4) Melakukan Evaluasi, (5) Menyusun Laporan Hasil Kegiatan. Teknik pengumpulan dari dengan cara wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, hingga pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini berdampak positif terhadap guru terlihat dari tumbuhnya motivasi besar dari para guru untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi atau media sosial untuk kepentingan sekolah.
Article Details
How to Cite
Adri, H. T., -, S., Hamamy, F., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan Mayarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Abdurahman, H & Riswaya, A.R. 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 140-157
Amin, S., Fitriaty., Widiastuti, F & Khalid, I. Membangkitkan Prilaku Inovatif Pedagang Kuliner Kaki Lima Kawasan Thehok-Kotamadya Jambi. Jurnal Kuat, 2(1), 11-17
Asril, Zainal. 2010. Microteaching. Jakarta: Rajawali Pers.
Budi. 2012. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Ketersediaan Sanitasi. Ekonomic Development Analysis Journal, 1(4), 147-154
Cahyono. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157
Darmadi. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, Tanggungjawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal pendidikan, 13(2)161-174
Helmi, TA & Sya, MF. 2018. Implementasi Pendidikan Terpadu Dan Program Tepat Guna Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-13
Martina, S.E., Amila &Sembiring, E. 2020. Peduli Covid-19, berbagi Masker Pada Pedagang Pasar Tradisional, 4(2), 176-185
Novauli, F. 2015. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajarpada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45-67
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Supangat., Amna, A.R., Sulistyawati, D.H. 2018. Analisa Pemahaman Guru Tentang Teknologi Informasi. "Penguatan peran perguruan tinggi dalam mewujudkan karakter ketahanan bangsa". Jurnal Semnas & Pengabdian Masyarakat, 1(8), 458-468
Syamsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia
Tabi'in, A. 2016. Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajarpada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah 1(2), 156-171
Tulusan, F.G.M & Londa, V.Y. 2014. Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1(1), 92-105
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Mengenai Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Waenink, E. 2012. Creating innovation in employees, the effect of competences on innovative work behavior and the moderating role of human resources practices. (Master’s Thesis. Universiteit Twente, Enschede.
Williams & Sawyer. 2003. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. London: Career Education
Amin, S., Fitriaty., Widiastuti, F & Khalid, I. Membangkitkan Prilaku Inovatif Pedagang Kuliner Kaki Lima Kawasan Thehok-Kotamadya Jambi. Jurnal Kuat, 2(1), 11-17
Asril, Zainal. 2010. Microteaching. Jakarta: Rajawali Pers.
Budi. 2012. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Ketersediaan Sanitasi. Ekonomic Development Analysis Journal, 1(4), 147-154
Cahyono. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157
Darmadi. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, Tanggungjawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal pendidikan, 13(2)161-174
Helmi, TA & Sya, MF. 2018. Implementasi Pendidikan Terpadu Dan Program Tepat Guna Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-13
Martina, S.E., Amila &Sembiring, E. 2020. Peduli Covid-19, berbagi Masker Pada Pedagang Pasar Tradisional, 4(2), 176-185
Novauli, F. 2015. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajarpada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45-67
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Supangat., Amna, A.R., Sulistyawati, D.H. 2018. Analisa Pemahaman Guru Tentang Teknologi Informasi. "Penguatan peran perguruan tinggi dalam mewujudkan karakter ketahanan bangsa". Jurnal Semnas & Pengabdian Masyarakat, 1(8), 458-468
Syamsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia
Tabi'in, A. 2016. Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajarpada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah 1(2), 156-171
Tulusan, F.G.M & Londa, V.Y. 2014. Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1(1), 92-105
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Mengenai Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Waenink, E. 2012. Creating innovation in employees, the effect of competences on innovative work behavior and the moderating role of human resources practices. (Master’s Thesis. Universiteit Twente, Enschede.
Williams & Sawyer. 2003. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. London: Career Education