Pelatihan Penulisan Puisi Untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10288Keywords:
Menulis puisi, Antopologi, Berpikir kreatifAbstract
Menulis merupakan salah satu dari empat jenis keterampilan berbahasa. Dalam menulis, kita berharap seseorang mampu mengekspresikan dirinya sehingga mampu mengkomunikasikan gagasannya secara kreatif. Tujuan menulis adalah untuk menginformasikan, mengajak, membujuk, menghibur dan mengungkapkan perasaan dan emosi. Kreativitas seorang penulis, khususnya dalam menulis puisi, diekspresikan dalam pemilihan kata. Di SDN Citaringgul 03 Hanya sebagian siswa saja yang mengetahui apa itu puisi, sedangkan sebagian lagi belum mengetahui apa itu puisi. Hal ini disebabkan siswa belum memahami apa itu keterampilan menulis puisi yang terlihat dari hasil menulisnya seperti menulis karangan deskriptif tanpa menggunakan bahasa konotatif atau kiasan. Perbendaharaan kata mereka masih terbatas sehingga mereka kesulitan dalam mengungkapkan gagasannya. dalam pikiran mereka. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memahami teknik menulis puisi dan meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode dengan tahapan tahapan nya yang berfokus kepada penyajian materi terkait konsep dasar puisi dan penulisan puisi dengan teknik praktik terbimbing. Kegiatan ini menimbulkan pengetahuan dan pengalaman baru bagi peserta tentang puisi khususnya tentang teknik menulis puisi. Para siswa pun sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Siswa mengamati, meniru dan didorong untuk mempraktikkan teknik puisi sesuai tahapan menulis puisi. Siswa merasakan manfaat dari proses pelatihan khususnya teknik menulis puisi terbimbing. Siswa sekarang dapat memilih kata dan menggunakan morfem verbal.
References
Anjani, D., Novianti, D., & Wear, A. S. (2021). Pelatihan Pemanfatan Quick Responde Code Technology dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.222
Hariyadi, H., Thamimi, M., Alimin, A. A., & Sulastri, S. (2022). Pendampingan Pembuatan Buku Antologi Puisi Siswa Di Smp Negeri 3 Sungai Kakap. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.269
Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785
Nurwahidah, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Berdasarkan Keindahan Alam dengan Teknik Sumbang Kata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII A SMP Negeri 11 Mataram Tahun Pembelajaran 2015-2016. JURNALISTRENDI : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 7(1), Article 1.
https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v7i1.654
Purnawati, E. (2021). Implementasi Media Digital Endorsement Buku Antologi #TeacherSquad Menggunakan Metode
Multimedia Development Life Cycle. Media Aplikom, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.33488/1.ma.2021.1.281
Purwulan, H. (2023). Peranan Pengajaran Sastra Dan Budaya Dalam Pembentukkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Eduscotech, 4(2), Article 2. https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/139
Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).