Pelatihan Penulisan Puisi Untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Muhammad Ichsan
Rini Rifani
Siti Nadilah
Neli Suryani Putri Neli Suryani Putri
Dianti Sriayuni

Abstract

Menulis merupakan salah satu dari empat jenis keterampilan berbahasa. Dalam menulis, kita berharap seseorang mampu mengekspresikan dirinya sehingga mampu mengkomunikasikan gagasannya secara kreatif. Tujuan menulis adalah untuk menginformasikan, mengajak, membujuk, menghibur dan mengungkapkan perasaan dan emosi. Kreativitas seorang penulis, khususnya dalam menulis puisi, diekspresikan dalam pemilihan kata. Di SDN Citaringgul 03 Hanya sebagian siswa saja yang mengetahui apa itu puisi, sedangkan sebagian lagi belum mengetahui apa itu puisi. Hal ini disebabkan siswa belum memahami apa itu keterampilan menulis puisi yang terlihat dari hasil menulisnya seperti menulis karangan deskriptif tanpa menggunakan bahasa konotatif atau kiasan. Perbendaharaan kata mereka masih terbatas sehingga mereka kesulitan dalam mengungkapkan gagasannya. dalam pikiran mereka. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memahami teknik menulis puisi dan meningkatkan kemampuan  menulis puisi siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode dengan tahapan tahapan nya yang berfokus kepada penyajian materi terkait konsep dasar puisi dan penulisan puisi dengan teknik praktik terbimbing. Kegiatan ini menimbulkan pengetahuan dan pengalaman baru bagi peserta tentang puisi khususnya tentang teknik menulis puisi. Para siswa pun sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Siswa mengamati, meniru dan didorong untuk mempraktikkan teknik  puisi sesuai tahapan  menulis puisi. Siswa merasakan manfaat dari proses pelatihan khususnya teknik  menulis puisi terbimbing. Siswa sekarang dapat memilih kata dan menggunakan morfem verbal.

Article Details

How to Cite
Ichsan, M. ., Rifani, R. ., Nadilah, S. ., Neli Suryani Putri, N. S. P., & Sriayuni, D. . (2024). Pelatihan Penulisan Puisi Untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 100–107. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10288
Section
Articles

References

Anjani, D., Novianti, D., & Wear, A. S. (2021). Pelatihan Pemanfatan Quick Responde Code Technology dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.222

Hariyadi, H., Thamimi, M., Alimin, A. A., & Sulastri, S. (2022). Pendampingan Pembuatan Buku Antologi Puisi Siswa Di Smp Negeri 3 Sungai Kakap. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.269

Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785

Nurwahidah, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Berdasarkan Keindahan Alam dengan Teknik Sumbang Kata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII A SMP Negeri 11 Mataram Tahun Pembelajaran 2015-2016. JURNALISTRENDI : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 7(1), Article 1.

https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v7i1.654

Purnawati, E. (2021). Implementasi Media Digital Endorsement Buku Antologi #TeacherSquad Menggunakan Metode

Multimedia Development Life Cycle. Media Aplikom, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.33488/1.ma.2021.1.281

Purwulan, H. (2023). Peranan Pengajaran Sastra Dan Budaya Dalam Pembentukkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Eduscotech, 4(2), Article 2. https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/139

Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan