Pengembangan Literasi Demokrasi Dalam Pemilihan Pemimpin Melalui Proses Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Dunia pendidikan termasuk sekolah memiliki peran penting dalam membantu memperbaiki sistem demokrasi dengan melakukan penyuluhan cara berdemokrasi yang baik, seperti memberi pelatihan dan pendampingan tentang cara berdemokrasi yang santun. program pengabdian kepada masyarakat masyarakat ini bertujuan mengembangkan literasi demokrasi dalam pemilihan pemimpin melalui proses pembelajaran. Program kegiatan masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan yang memiliki 3 tahapan. Tahap 1 adalah identifikasi kondisi sekolah. Tahap 2 adalah pelaksanaan program yang dirancang berdasarkan data di tahap 1. Tahap 3 adalah evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat ini mengungkap bahwa sekolah sudah memberikan peluang bagi siswa untuk berdemokrasi di lingkungan sekolah. Terbukti dengan adanya kegiatan pemilihan ketua kelas, OSIS, dan sebagainya, yang secara langsung dipilih oleh siswa-siswa.
Article Details
How to Cite
Istiara, F., Adijaya, N., & Ciciria, D. (2021). Pengembangan Literasi Demokrasi Dalam Pemilihan Pemimpin Melalui Proses Pembelajaran. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3165
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
DAFTAR PUSTAKA
Ackerman, G. (2018). Brief Review of Fadel , C ., & Trilling , B . ( 2009 ). 21st Century Skills : Learning for Life in Our Times . San Francisco : Jossey-Bass . (April), 2010–2012.
Bessant, J. (2003). Youth Participation: A New Mode of Government. Policy Studies, 24(2–3), 87–100. https://doi.org/10.1080/0144287032000170984
Dariyanto, E. (2015). Saat Partai Berlomba-lomba Mendirikan Sekolah Politik. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-2961324/saat-partai-berlomba-lomba-mendirikan-sekolah-politik
Nur Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407
Okoroji, L. I., Anyanwu, O. J., & Ukpere, W. I. (2014). Impact of leadership styles on teaching and learning process in Imo state. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(4), 180–193. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n4p180
Sucianingsih, S. ani. (2018). Pemilih pemula dominasi pemilu 2019, apa dampaknya? Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/pemilih-pemula-dominasi-pemilu-2019-apa-dampaknya
Supardan, D. (2016). Sejaran dan Prospek Demokrasi. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2811
Triwardani, R., & Wiendijarti, I. (2016). Reception Analysis of Beginner Voter toward the Political Party Advertising of the Winning in the Election 2014. International Journal of Social Science and Humanity, 6(10), 779–784. https://doi.org/10.18178/ijssh.2016.v6.748
Ziduli, M., Buka, A. M., & Molepo, M. (2019). Leadership Styles of Secondary School Principals : South African Cases. 22(2018), 1–10. https://doi.org/10.31901/24566322.2019/23.1-3.911
Ackerman, G. (2018). Brief Review of Fadel , C ., & Trilling , B . ( 2009 ). 21st Century Skills : Learning for Life in Our Times . San Francisco : Jossey-Bass . (April), 2010–2012.
Bessant, J. (2003). Youth Participation: A New Mode of Government. Policy Studies, 24(2–3), 87–100. https://doi.org/10.1080/0144287032000170984
Dariyanto, E. (2015). Saat Partai Berlomba-lomba Mendirikan Sekolah Politik. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-2961324/saat-partai-berlomba-lomba-mendirikan-sekolah-politik
Nur Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407
Okoroji, L. I., Anyanwu, O. J., & Ukpere, W. I. (2014). Impact of leadership styles on teaching and learning process in Imo state. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(4), 180–193. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n4p180
Sucianingsih, S. ani. (2018). Pemilih pemula dominasi pemilu 2019, apa dampaknya? Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/pemilih-pemula-dominasi-pemilu-2019-apa-dampaknya
Supardan, D. (2016). Sejaran dan Prospek Demokrasi. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2811
Triwardani, R., & Wiendijarti, I. (2016). Reception Analysis of Beginner Voter toward the Political Party Advertising of the Winning in the Election 2014. International Journal of Social Science and Humanity, 6(10), 779–784. https://doi.org/10.18178/ijssh.2016.v6.748
Ziduli, M., Buka, A. M., & Molepo, M. (2019). Leadership Styles of Secondary School Principals : South African Cases. 22(2018), 1–10. https://doi.org/10.31901/24566322.2019/23.1-3.911