Pelatihan Kewirausahaan melalui Pembuatan Olahan Singkong untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Main Article Content

Wilis Firmansyah

Abstract

Program kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarabelakangi karena adanya peluang usaha olahan singkong yang belum dimanfaatkan dan rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai nilai tambah produk olahan singkong yang membuat masyarakat hanya menjual singkong secara langsung tanpa mengalami proses olahan terlebih dahulu. Sehingga harga jualnya sangat rendah dan tidak bisa memberikan pendapatan lebih.  Sesuai dengan tema pengabdian masyarakat ini yaitu pelatihan kewirausahaan melalui olahan singkong untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah Desa Pabuaran, maka diharapkan ada peningkatan pemahaman masyarakat tentang kewirausahaan dan meningkatnya pengetahuan tentang nilai tambah singkong. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah dimulai dengan observasi dan sosialisasi ke masyarakat Desa Pabuaran Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, dilanjutkan dengan pelaksanaan seminar kewirausahaan dan pelatihan pembuatan olahan singkong yaitu keripik singkong dan bolu singkong. Kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi kegiatan. Seminar kewirausahaan dan pelatihan olahan singkong ini berdampak positif terhadap perubahan masyarakat, perubahan ini dapat dilihat dari antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dan adanya motivasi untuk memulai usaha olahan singkong.

Article Details

How to Cite
Firmansyah, W. (2020). Pelatihan Kewirausahaan melalui Pembuatan Olahan Singkong untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2595
Section
Articles

References

Hartandria, Fitria. 2014. Uji Kadar Protein Pada Pembuatan Bolu Kukus Dari Tepung Singkong dan Penambahan Ekstrak Buah Naga Merah dengan Konsentrasi Yang Berbeda. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saefuddin, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan, Bandung : Alfabeta.