Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik melalui Penyediaan POLIKU (Pojok Literasi Ku) di MIS Al-Khoeriyah 1 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14859Keywords:
Membaca, POLIKU, Minat BacaAbstract
Membaca merupakan suatu kegiatan yang penting dalam proses belajar mengajar, karena membaca adalah kemampuan penyerapan suatu ilmu melalui teks atau bacaan. Masalah membaca merupakan masalah umum yang terjadi di kalangan peserta didik. Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Membaca merupakan hal yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam proses pembelajaran yang diharapkan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami membuat upaya peningkatan minat baca peserta didik melalui pengadaan Perpustakaan dan POLIKU (Pojok Literasi Ku). Dengan di adakannya perpustakaan dan POLIKU, diharapkan mampu meningkatkan minat baca peserta didik di MIS Al-Khoeriyah 1. Metode pengabdian ini melalui 3 tahap, Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Hasil observasi awal kepada siswa kelas VI sebelum adanya Poliku, di dapat bahwa minat baca peserta didik masuk pada kategori rendah. Setelah melakukan Post Test, terlihat peningkatan yang sangat signifikan yaitu sebesar 60%.
References
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan H. Y. (2016). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi aksara.
Ambarwati, S., Hilman, A., & Ramdhani, M. R. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Keluarga Melalui Kegiatan Seminar Pendidikan Parenting Islami pada Orang Tua Siswa MI Miftahul Ulum Desa Pandansari Bogor. … : Jurnal Pengabdian Pada…. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i 1.6589
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Hamid, M. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.
Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti,
S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i 1.9301
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v 3i2.107562
Mansyur, U. (2016). In Prosiding Seminar Nasional & Dialog Kebangsaan dalam Rangka Bulan Bahasa 2016 (pp. 145-
. FIB Unhas.
Ruslan, & W. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).