Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik melalui Penyediaan POLIKU (Pojok Literasi Ku) di MIS Al-Khoeriyah 1 Bogor

Authors

  • R. Siti Pupu Fauziah Universitas Djuanda
  • Muhammad Rendi Ramdhani Universitas Djuanda
  • Adinda Salwa Fajriati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14859

Keywords:

Membaca, POLIKU, Minat Baca

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan yang penting dalam proses belajar mengajar, karena membaca adalah kemampuan penyerapan suatu ilmu melalui teks atau bacaan. Masalah membaca merupakan masalah umum yang terjadi di kalangan peserta didik. Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Membaca merupakan hal yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam proses pembelajaran yang diharapkan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami membuat upaya peningkatan minat baca peserta didik melalui pengadaan Perpustakaan dan POLIKU (Pojok Literasi Ku). Dengan di adakannya perpustakaan dan POLIKU, diharapkan mampu meningkatkan minat baca peserta didik di MIS Al-Khoeriyah 1. Metode pengabdian ini melalui 3 tahap, Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Hasil observasi awal kepada siswa kelas VI sebelum adanya Poliku, di dapat bahwa minat baca peserta didik masuk pada kategori rendah. Setelah melakukan Post Test, terlihat peningkatan yang sangat signifikan yaitu sebesar 60%.

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan H. Y. (2016). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi aksara.

Ambarwati, S., Hilman, A., & Ramdhani, M. R. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Keluarga Melalui Kegiatan Seminar Pendidikan Parenting Islami pada Orang Tua Siswa MI Miftahul Ulum Desa Pandansari Bogor. … : Jurnal Pengabdian Pada…. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i 1.6589

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Hamid, M. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti,

S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i 1.9301

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v 3i2.107562

Mansyur, U. (2016). In Prosiding Seminar Nasional & Dialog Kebangsaan dalam Rangka Bulan Bahasa 2016 (pp. 145-

. FIB Unhas.

Ruslan, & W. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 25.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Fauziah, R. S. P., Ramdhani, M. R., & Fajriati, A. S. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik melalui Penyediaan POLIKU (Pojok Literasi Ku) di MIS Al-Khoeriyah 1 Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 175–182. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14859