Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Home Visit
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan agar anak berkebutuhan khusus memiliki karakter religius sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dibentuknya home visit, sebagai salah satu tempat belajar kemandirian, Kegiatan Program ini memiliki jadwal tersendiri dalam proses pembelajaranya, berikut materi yang diajarkan dalam home visit; mandi, makan, memakai baju, tidur dan lain-Nya. Pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Sindangrasa, kecamatan Bogor Timur. Hasil kegiatan pengabdian ini terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam menciptakan karakter religius pada anak, serta tumbuhnya motivasi anak dalam mempelajari ilmu motorik, serta tumbuhnya minat belajar pada anak. Kegiatan Pengabdian ini membuktikan bahwa program semacam ini dibutuhkan oleh masyarakat khususnya anak-anak, dalam upaya penanaman nilai-nilai kegamaan pada anak sehingga terbentuk-Nya karakter religius yang utuh pada anak
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter . Bandung : Rajawali Press.
Ainiyah , N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal AL-Ulum, 13(1), 25-28.
Chairani, R., Nurhaeni, H., Widagdo, W., Saprudin, A. E., Rachmawati, M. E., Lindawati, L., & Solihah, L. (2011). Efektivitas Home Visit terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Klien Tbc di Wilayah Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 14(3), 21276.
Hidayat , A. G., & Haryati , T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negri SIla Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(1), 15-28.
Muhaimin. (2010 ). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah , dan Perguruan tinggi. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Nurfalah , Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak. Jurnal IAIT Kediri, 29(1), 85-99.
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang MenumbuhKembangkan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini.
Zahrudin, M., Ismail, S., & Hasanah , A. (2020). Penanaman Nilai Inti Pendidikan Karakter Berlandaskan Pancasila Pada Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama, 21, 157-172.