Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Home Visit

Main Article Content

Deden Herman
Muhammad Rendi Ramdhani

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan agar anak berkebutuhan khusus memiliki karakter religius sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dibentuknya home visit, sebagai salah satu tempat belajar kemandirian, Kegiatan Program ini memiliki jadwal tersendiri dalam proses pembelajaranya, berikut materi yang diajarkan dalam home visit; mandi, makan, memakai baju, tidur dan lain-Nya. Pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Sindangrasa, kecamatan Bogor Timur. Hasil kegiatan pengabdian ini terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam menciptakan karakter religius pada anak, serta tumbuhnya motivasi anak dalam mempelajari ilmu motorik, serta tumbuhnya minat belajar pada anak. Kegiatan Pengabdian ini membuktikan bahwa program semacam ini dibutuhkan oleh masyarakat khususnya anak-anak, dalam upaya penanaman nilai-nilai kegamaan pada anak sehingga terbentuk-Nya karakter religius yang utuh pada anak

Article Details

How to Cite
Herman, D. ., & Ramdhani, M. R. (2022). Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Home Visit . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 67–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.5289
Section
Articles

References

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter . Bandung : Rajawali Press.

Ainiyah , N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal AL-Ulum, 13(1), 25-28.

Chairani, R., Nurhaeni, H., Widagdo, W., Saprudin, A. E., Rachmawati, M. E., Lindawati, L., & Solihah, L. (2011). Efektivitas Home Visit terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Klien Tbc di Wilayah Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 14(3), 21276.

Hidayat , A. G., & Haryati , T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negri SIla Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(1), 15-28.

Muhaimin. (2010 ). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah , dan Perguruan tinggi. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Nurfalah , Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak. Jurnal IAIT Kediri, 29(1), 85-99.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang MenumbuhKembangkan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini.

Zahrudin, M., Ismail, S., & Hasanah , A. (2020). Penanaman Nilai Inti Pendidikan Karakter Berlandaskan Pancasila Pada Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama, 21, 157-172.