Pengembangan Usaha Masyarakat Melalui Pelatihan Inovasi Produk dan Pemasaran Online di Kelurahan Ciriung Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor
Main Article Content
Abstract
Kurangnya pemahaman pelaku UMKM Kelurahan Ciriung terhadap pemasaran online dan pengembangan produk menjadi permasalahan yang utama, sehingga perlu adanya bimbingan atau pendampingan dalam hal tersebut. Salah satunya dengan memberikan inovasi produk olahan bayam, dimana bayam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Metode yang dilakukan adalah dengan sosialisasi dan pendampingan serta praktek pembuatan inovasi produk olahan bayam. Dalam pengolahan produk olahan bayam ini penulis membuat Pangsit bayam yang merupakan makanan cemilan enak dan sehat. Hasil yang didapatkan pada program ini adalah pemanfaatan bayam dalam suatu produk yang lebih kreatif dan inovatif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Buchari, A. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Daghfous, N., Petrof, J., & Pons, F. (1999). Value and Adoption of Innovations: A Cross−Cultural Study. The Journal Consumer Marketing, 16 (4): 314−331.
Hurley, R. & Hult, G. T. (1998). Innovation, Market Orientation and Organizational Learning: An Integration and Empirical Exemination. Journal of Marketing, 62(3): 42−54.
Kotler, Philip., dan Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.
Quinn, J. B., Baruch, J., & Zien, K. A. (1996). Software-based Innovation. Sloan Management Review, 37(4): 11−24.
Sakti, A. B. & Prasetyo, A. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreneur Pada Hasil Inovasi di Kota Magelang. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan, 3(1): 307-319.
Yedita, Wahyu Asri. (2021). Pelatihan Inovasi Produk Keripik Daun Sirih Cemilan Sehat Berkhasiat Obat (Sirpik) Sebagai Peluang Usaha Bagi Masyarakat. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3): 179-182.