Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Provinsi Melalui Inovasi Produk Baru Berbahan Dasar Singkong

Main Article Content

Eva Lia Yuliantika

Abstract

Singkong merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia selain padi dan sagu. Rasanya yang enak dan sangat mengenyangkan membuatnya menjadi bahan makanan pokok yang baik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat melalui kegiatan baik secara fisik maupun non fisik ekonomi produktif menggunakan potensi bahan baku pangan lokal, yakni dengan pembuatan lupis singkong. Dalam pengolahan produk olahan singkong ini penulis membuat Lupis Singkong yang merupakan salah satu makanan khas tradisional dari Jawa Barat. Lupis singkong ini umumnya memiliki warna yang mencolok alami sehingga dapat menarik minat pembeli untuk membeli lupis tersebut. Produk ini dapat dikonsumsi dengan tambahan kelapa dan gula merah sehingga dapat menambah cita rasa yang khas dari lupis ini. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah pengembangan produk olahan singkong lebih kreatif dan inovatif serta masyarakat sekitar lebih memahami cara memanfaatkan sebuah potensi yang ada di sekitar.

Article Details

How to Cite
Yuliantika, E. L. (2022). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Provinsi Melalui Inovasi Produk Baru Berbahan Dasar Singkong. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 86–94. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.5579
Section
Articles

References

Nursyamsiah, S. & S, Qomaruddin. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Ubi. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3), 165-172.

Rohimah, S., & Kurnia, T. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Keripik Kulit Singkong. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1), 11-18.

Suryana, D., Si, M,. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis (Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, Jakarta.

Wikipedia. (2015). https://id.wikipedia.org/wiki/Ketel apohon. (20 November 2020)

Zakiya, Zika. (2012). Pengolahan Singkong jadi 13 Produk Turunan. Dalam artikel NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA.