Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pendampingan UMKM Pisang Gula Aren (PISGREN)

Main Article Content

Andina Farha Habibah

Abstract

Desa Padamulya memiliki potensi ekonomi wilayah yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan dan perternakan. Namun, melimpahnya sumber daya alam jarang di manfaatan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan melainkan mayoritas masyarakat memanfaatkan Sumber Daya Alam yang dimiliki untuk konsumsi sehari-hari. Sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi perlu adanya pelatihan inovasi produk kepada masyarakat khususnya usaha kecil guna dapat memanfaatkan sunber daya alam yang tersedia dan dapat memberdayakan ekonomi usaha kecil. Metode yang dilakukan adalah dengan sosialisasi dan pembuatan inovasi produk olahan pisang. Dalam pengolahan produk penulis membuat PISGREN (Pisang Gula Aren) yang merupakan makanan cemilan enak dan sehat. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah usaha kecil dapat mengembangan produk olahan pisang lebih kreatif dan inovatif dan menjadi salah satu produk yang menghasilkan profit dalam usahannya.

Article Details

How to Cite
Habibah, A. F. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pendampingan UMKM Pisang Gula Aren (PISGREN). ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2950
Section
Articles

References

Anshori, M. Y. (2018). Laporan Individu Kegiatan KKN Tematiik. Universtas Djuanda Bogor Fakultas Ekonomi Islam.

Anwar, S. S. (2019). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Singkong. Fakultas Ekonomi Islam halaman pertama- halaman terakhir

Prasetyo, A. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreneur pada Hasil Inovasi Kota Magelang.

Supriyono dan Pandji S. (2010). Pemeberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Produk. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Ulfi Pristina, Cholis Hidayati dkk.2016. Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Santan Kelapa Pada Kelompok Usaha Perajin Kelapa. Universitas 17 Agutus 1945 Surabaya.