Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Warung Retail Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kabupaten Cianjur
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam pengabdian ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi warung retail di pedesaan seperti tidak adanya brand, penataan produk yang sembarang, tidak memiliki pencatatan keuangan, hingga tidak mengetahui bagaimana untuk melakukan promosi atas produk yang dijualnya. Metode pendekatan yang dilakukan dalam memecahkan permasalahan warung di Desa Padamulya menggunakan metode pendampingan berupa pengelolaan atau penataan usaha warung retail. Hasil dari program pendampingan dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan usaha warung retail bagi masyarakat Desa Padamulya terlihat dengan adanya perubahan pola pikir pemilik warung dari yang sebelumnya tidak melakukan pencatatan keuangan mulai mencatat keuangan warung nya. Selain itu, masyarakat mulai memahami pentingnya brand dan penataan produk yang berpengaruh terhadap penjualan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Elfrianto. 2016. Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech. Volume 2 Nomor 2. Pp 48.
Heriawan, Teguh. 2018. Analisa Kreatifitas Pelaksanaan Strategi Pemasaran Pada Usaha Retail Bussines (Bisnis Eceran) untuk usaha minimarket konvensional di Indonesia. Jurnal Ekonomi. 9 Nomor 1. Pp 59.
Juwita, Dara. 2015. Pengaruh Kinerja Retailing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Palmart Bandung. Jurnal Portofolio. Volume 12 Nomor 2. Pp 186.
Kesuma, Y F. 2014. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 2 Nomor 1. Pp 94.
Kotler, Philip, dan Susanto, A.B. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Sari Rahmadani, N M. 2016. Pengaruh Display Produk dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana Samarinda. eJournal: Ilmu administrasi Bisnis.Volume 4 Nomor 3. Pp 687.
Utomo, Tri Joko. 2011. Persaingan Bisnis Retail: Tradisional Vs Modern. Fokus Ekonomi. Volume 6 Nomor 1. Pp 124.
Wandikbo, Y, dkk. 2013. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor Honda Merek CBR 150cc Pada PT. Daya Adicipta Wisea Kec. Kalawat Maumbi Kab. Minahasa Utara. Journal Acta Diurna. Edisi April.