Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Warung Retail Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kabupaten Cianjur

Main Article Content

Muhammad Fikri
Afiatin Dewi

Abstract

Tujuan dalam pengabdian ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi warung retail di pedesaan seperti tidak adanya brand, penataan produk yang sembarang, tidak memiliki pencatatan keuangan, hingga tidak mengetahui bagaimana untuk melakukan promosi atas produk yang dijualnya. Metode pendekatan yang dilakukan dalam memecahkan permasalahan warung di Desa Padamulya menggunakan metode pendampingan berupa pengelolaan atau penataan usaha warung retail. Hasil dari program pendampingan dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan usaha warung retail bagi masyarakat Desa Padamulya terlihat dengan adanya perubahan pola pikir pemilik warung dari yang sebelumnya tidak melakukan pencatatan keuangan mulai mencatat keuangan warung nya. Selain itu, masyarakat mulai memahami pentingnya brand dan penataan produk yang berpengaruh terhadap penjualan.

Article Details

How to Cite
Fikri, M., & Dewi, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Warung Retail Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kabupaten Cianjur. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2948
Section
Articles

References

Elfrianto. 2016. Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech. Volume 2 Nomor 2. Pp 48.

Heriawan, Teguh. 2018. Analisa Kreatifitas Pelaksanaan Strategi Pemasaran Pada Usaha Retail Bussines (Bisnis Eceran) untuk usaha minimarket konvensional di Indonesia. Jurnal Ekonomi. 9 Nomor 1. Pp 59.

Juwita, Dara. 2015. Pengaruh Kinerja Retailing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Palmart Bandung. Jurnal Portofolio. Volume 12 Nomor 2. Pp 186.

Kesuma, Y F. 2014. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 2 Nomor 1. Pp 94.

Kotler, Philip, dan Susanto, A.B. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Sari Rahmadani, N M. 2016. Pengaruh Display Produk dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana Samarinda. eJournal: Ilmu administrasi Bisnis.Volume 4 Nomor 3. Pp 687.

Utomo, Tri Joko. 2011. Persaingan Bisnis Retail: Tradisional Vs Modern. Fokus Ekonomi. Volume 6 Nomor 1. Pp 124.

Wandikbo, Y, dkk. 2013. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor Honda Merek CBR 150cc Pada PT. Daya Adicipta Wisea Kec. Kalawat Maumbi Kab. Minahasa Utara. Journal Acta Diurna. Edisi April.