OPTIMALISASI MEDIA ONLINE SEBAGAI SOLUSI PROMOSI PRODUK GAPOKTAN TRIGUNA 4.5 BERBASIS BAHAN BAKU KOPI

Authors

  • Analianasari Analianasari Politeknik Negeri Lampung
  • Eko Win Kenali Politeknik Negeri Lampung
  • Dayang Berliana Politeknik Negeri Lampung
  • Meinilwita Yulia Politeknik Negeri Lampung
  • M. Perdiansyah M harahap Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.6891

Keywords:

instagram,, marketplace, Raosan, web

Abstract

Tujuan kegiatan adalah (1) Meningkatkan pengetahuan anggota gapoktan 4.5 dalam memanfaatkan media online berbasis Web, (2) mengoptimalkan media social Intagram, sebagai promosi produk, dan (3) mengoptimalkan e-commerce sebagai media penjualan produk Gapoktan.  Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan, diskusi untuk memecahkan masalah, demontrasi cara untuk meningkatkan keterampilan peserta.   Pengembangan  web portal link  https://raosan.id/  sebagai media informasi  tentang Gapoktan Triguna 4.5 dan produk raosan; Pemanfaatan media sosial seperti Instagram sebagai media promosi produk raosan dan media komunikasi dengan konsumen untuk meningkatkan kunjungan dan penjualan pada laman  https://instagram.com/kopi_raosan; dan  optimalisasi pemanfaatan market place nasional seperti Tokopedia dan Shopee oleh tim marketing Raosan  dengan membuka layanan toko online sebagai seller untuk menjual produk raosan ditingkat nasional

References

Analianasari, A., Kenali, E.W., Berliana, D. & Yulia, M. 2021. Penguatan Kapasitas Produksi Kopi Robusta Premium Gapoktan Triguna 4.5. Qardhul Hasan, 7(1): 126–132.

Analianasari, A., Kenali, E.W., Berliana, D., Yulia, M. & Shintawati, S. 2022. Evaluasi pasca panen, cacat mutu dan atribut kimia (kafein, asam klorogenat) kopi robusta Lampung Barat (studi kasus gapoktan di Lampung Barat). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 27(1): 42–52.

Apriadi, D. & Saputra, A.Y. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 1(2): 131–136.

Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N. & . H. 2019. Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online Pada Para Pedagang Kecil Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 3(1): 44.

Kenali, E.W., Berliana, D. & Analianasari 2019. Pemberdayaan Usaha Bersama “ Indy ’’ Desa Haduyang Kabupaten Lampung Selatan dalam Pengembangan Snack Makanan Jadul Prosiding Semnas Pengembangan Teknologi Pertanian IPTEKs. hal.59–63.

Pasaribu, R. 2020. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1): 33.

Rizky, A. 2018. Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Social Media Dan Komunitas Sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya.

Suryani, ita 2015. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, 8(April 2014): 123–138. Tersedia di https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471.

Wijayanti, A. 2021. Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1): 26–39.

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Indrawan, I. & Cahyono, Y. 2020. Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi.

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Analianasari, A., Eko Win Kenali, Dayang Berliana, Meinilwita Yulia, & M. Perdiansyah M harahap. (2023). OPTIMALISASI MEDIA ONLINE SEBAGAI SOLUSI PROMOSI PRODUK GAPOKTAN TRIGUNA 4.5 BERBASIS BAHAN BAKU KOPI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 256–261. https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.6891

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 9 times