OPTIMALISASI MEDIA ONLINE SEBAGAI SOLUSI PROMOSI PRODUK GAPOKTAN TRIGUNA 4.5 BERBASIS BAHAN BAKU KOPI
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.6891Keywords:
instagram,, marketplace, Raosan, webAbstract
Tujuan kegiatan adalah (1) Meningkatkan pengetahuan anggota gapoktan 4.5 dalam memanfaatkan media online berbasis Web, (2) mengoptimalkan media social Intagram, sebagai promosi produk, dan (3) mengoptimalkan e-commerce sebagai media penjualan produk Gapoktan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan, diskusi untuk memecahkan masalah, demontrasi cara untuk meningkatkan keterampilan peserta. Pengembangan web portal link https://raosan.id/ sebagai media informasi tentang Gapoktan Triguna 4.5 dan produk raosan; Pemanfaatan media sosial seperti Instagram sebagai media promosi produk raosan dan media komunikasi dengan konsumen untuk meningkatkan kunjungan dan penjualan pada laman https://instagram.com/kopi_raosan; dan optimalisasi pemanfaatan market place nasional seperti Tokopedia dan Shopee oleh tim marketing Raosan dengan membuka layanan toko online sebagai seller untuk menjual produk raosan ditingkat nasional
References
Analianasari, A., Kenali, E.W., Berliana, D. & Yulia, M. 2021. Penguatan Kapasitas Produksi Kopi Robusta Premium Gapoktan Triguna 4.5. Qardhul Hasan, 7(1): 126–132.
Analianasari, A., Kenali, E.W., Berliana, D., Yulia, M. & Shintawati, S. 2022. Evaluasi pasca panen, cacat mutu dan atribut kimia (kafein, asam klorogenat) kopi robusta Lampung Barat (studi kasus gapoktan di Lampung Barat). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 27(1): 42–52.
Apriadi, D. & Saputra, A.Y. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 1(2): 131–136.
Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N. & . H. 2019. Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online Pada Para Pedagang Kecil Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 3(1): 44.
Kenali, E.W., Berliana, D. & Analianasari 2019. Pemberdayaan Usaha Bersama “ Indy ’’ Desa Haduyang Kabupaten Lampung Selatan dalam Pengembangan Snack Makanan Jadul Prosiding Semnas Pengembangan Teknologi Pertanian IPTEKs. hal.59–63.
Pasaribu, R. 2020. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1): 33.
Rizky, A. 2018. Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Social Media Dan Komunitas Sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya.
Suryani, ita 2015. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, 8(April 2014): 123–138. Tersedia di https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471.
Wijayanti, A. 2021. Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1): 26–39.
Wijoyo, H., Sunarsi, D., Indrawan, I. & Cahyono, Y. 2020. Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Analianasari Analianasari, Eko Win Kenali, Dayang Berliana, Meinilwita Yulia, M. Perdiansyah M harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.