PENGEMBANGAN USAHA MIKRO GULA AREN

Authors

  • Siti Anah Kunyati Kunyati Universitas Langlangbuana
  • Sri Sustaryah Universitas Langlangbuana
  • Didiet Widiowati Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKESOS) Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.5070

Keywords:

Kata kunci:  Pengemasan Produk, Pengorganisasian kelompok, Pendampingan mitra.

Abstract

Kampung Ciuncal Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis, adalah salah satu kampung sentra industri gula aren yang cara produksi, pengemasan, pemasaran maupun pengelolaannya dilakukan secara sederhana. Kekurangan modal usaha seringkali menjadi persoalan klasik yang dialami oleh masyarakat. Pendampingan untuk pengembangan usaha gula aren masih amat terbatas. Pengelola gula aren di Kampung Ciuncal saat ini berjumlah 15 kepala keluarga. Jumlah home industry mengalami penurunan secara signifikan yang semula berjumlah 50 kepala keluarga, karena warga menganggap gula aren tidak banyak menjanjikan untuk menopang kehidupan. Disisi lain, apabila dikaji lebih mendalam banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan produksi gula aren guna menambah penghasilan masyarakat. Fasilitasi yang dilakukan  oleh tim pengabdian meliputi:  1) Pengelolaan variasi dari produk gula aren yang lebih awet, menarik dan higyenis; 2) Kemasan produk yang lebih menarik dan layak dipasarkan dalam skala yang lebih luas; 3) Pengorganisasian untuk penguatan kelembagaan kelompok usaha mikro  yang selama ini cenderung berjalan sendiri-sendiri. Metode yang dilaksanakan adalah: 1) Melakukan pelatihan pengelolaan gula aren yang lebih variatif dan menarik; 2) Pendampingan  membentuk  kelembagaan kelompok usaha bersama gula aren; 3) Membantu pengemasan produksi gula aren yang layak jual dan higienis.

Hasil dari pengabdian kepada masyarakat 1) Peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mencetak gula aren yang lebih bervariasi dan sehat; 2) pengemasan gula aren yang lebih menarik dan layak dipasarkan; 3) Terbentuknya organisasi kelompok usaha bersama gula aren yang bernama “Kawung Sajati ”

 

Kata kunci:  Pengemasan Produk, Pengorganisasian kelompok, Pendampingan mitra.

 

References

Asri Laksmi Riani. 2018. Panduan pendirian usaha pembuatan desain kemasan.

Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Milton F. Usry.( 201… ). Cost Accounting, Planning and Control. Jakarta: Airlangga.

Bruhn, John G, Rebach, Howard. (2007). Sociological Practice, Intervention and Social

Change. Second Edition. New York : Spiringer, P. 59

Haines, Anna; Green, Gary Paul (2012). Asset Building & Community Development.

rd Edition. London : Sage Publication, Inc.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Kunyati, S. A. K., Sri Sustaryah, & Didiet Widiowati. (2022). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO GULA AREN . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 307–311. https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.5070

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 9 times