DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI PEMASARAN DI ERA INDUSTRI 4.0 BAGI PARA PELAKU UMKM KELOMPOK KONVEKSI SEJAHTERA

Authors

  • Yuppy Triwidatin Djuanda University

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4873

Keywords:

Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Promosi

Abstract

       Usaha Mikro Kecil Menengah atau dikenal dengan UMKM memiliki banyak peran dalam memberantas kemiskinan, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga dapat mandiri dalam menopang ekonominya. Pelaku UMKM harus mampu berkembang dan bertahan seiring dengan ketatnya persaingan usaha. Kemampuan bersaing dalam perdagangan merupakan hal penting agar perekonomian Indonesia tetap kuat terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Oleh sebab itu pemerintah terus berupaya agar UMKM di berbagai daerah dapat berkembang sehingga menopang perekonomian masyarakat kecil dengan memberikan berbagai kemudahan baik dari segi pendanaan, pemasaran, perijinan maupun fasilitas-fasilitas lain yang mendukung.

       Hadirnya revolusi industri 4.0 menimbulan dampak persaingan yang ketat, UMKM harus mampu mengatasi tandangan itu dengan kreatif, inovasi produk, pemasaran, kemasan produk, pengembangan sumberdaya manusia dan teknologi. Strategi pemberdayaan UMKM dapat ditempuh melalui peran Pemerintah mengeluarka kebijakan fiskal maupun non fiskal, peran perguruan tinggi dalam melaksanakan pengabdian untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat dan peran stekholder mendoron UMKM semakin madiri dan inovatif. Banyaknya kemudahan dan fungsi dari penggunaan media digital, mendorong masyarakat atau pengusaha untuk memanfaatkan media digital tersebut pada setiap kegiatan. Perkembangan teknologi informasi dan internet juga berpengaruh besar terhadap perkembangan dibidang promosi produk, untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini dilaksanakan dengan workshop dalam bentuk penyampaian materi, diskusi dan praktek penggunaan digital marketing.

       Pengabdian masyarakat ini difokuskan kepada UMKM Kelompok Konveksi Sejahtera Bogor. Dengan adanya  kegiatan ini UMKM diharapkan akan lebih memahami pentingnya penggunaan media internet untuk meningkatkan daya saing usaha. Target pelatihan adalah pemanfaatan teknologi sebagai media pemasaran online untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para Kelompok Konveksi Sejahtera Bogor tentang pemasaran secara online. Dengan harapan UMKM dapat meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat mempertinggi kualitas hidupnya. Semua peserta pelatihan diharapkan dapat membuat blog internet atau dapat membuat akun pada media sosial untuk memasarkan prodaknya secara online, misalnya membuat akun penjualan di marketplace Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan Bukalapak. Output dari kegiatan pengabdian ini untuk dapat dimanfaatkan dalam memasarkan produk yang dihasilkan.

References

Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran.2012. Penerbit Erlangga: Jakarta

Jacobsen,Bjorn P (2009), Investor Creatifity. Journal of Place Management and DevelopmentVol 2 No 1

Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana

Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama:

JakartaSulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.

Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.

Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.

Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.

Yananda, M Rahmat.Branding Tempat Membangun Kota,Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas.2011. PT Makna Informasi Indonesia: Jakarta Internet Ardhoyo,T.E, Juni 2013, “Peran dan Strategi Humas ( Public Relation ) dalam Mempromosikan Produk Perusahaan”

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Triwidatin, Y. (2022). DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI PEMASARAN DI ERA INDUSTRI 4.0 BAGI PARA PELAKU UMKM KELOMPOK KONVEKSI SEJAHTERA . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 62–74. https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4873

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 190 times