PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KAMPUNG WOLULAS, KECAMATAN TUREN, KABUPATEN MALANG SEBAGAI KAMPUNG WISATA EDUKASI

Authors

  • Oman Sukmana Prodi Kesejahteraan Sosial, FISIP UMM
  • Vina Salviana Universitas Muhammadiyah Malang
  • DS Wahyu Hidayat Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2286

Keywords:

Pendampingan, Pengelolaan, Kampung Wolulas, Wisata Edukasi.

Abstract

Kegitan bertujuan untuk membantu masyarakat RW 18, Kelurahan Turen, Kabupaten Malang dalam pengelolaan program Kampung Wolulas sebagai Kampung Wisata Edukasi. Metode kegiatan dilakukan melalui pelatihan (training) dan pendampingan yang meliputi aspek manajemen produksi, pemasaran, keuangan, dan pengelolaan lingkungan yang meliputi penataan taman lingkungan, pengelolaan sampah menjadi pupuk organic, dan penataan tempat sampah organic,serta bantuan alat untuk mendukung pengembangan usaha kue dan kegiatan pengelolaan Bank Sampah. Luaran utama kegiatan ini adalah berupa kemasan produk kue (bolu) dan aneka minuman instan. Sasaran utama  kegiatan ini adalah warga RW 18, Kelurahan Turen, Kabupaten Malang yang meliputi ibu-ibu anggota PKK RW, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat. Hasil kegiatan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kampus Wolulas, RW 18, Kelurahan Turen berupa: (1) peningkatan keterampilan variasi pembuatan kue bagi ibu-ibu PKK, (2) peningkatan pengetahuan dan kemampuan mengela internet bagi Karang Taruna, (3) Peningkatan kemampuan pembukuan bagi pengurus Bank Sampah,  (4) Peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam membuat tanaman organic, dan (5) Peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan lingkungan sosial bagi pengurus RW.

References

Adi, Isbandi Rukminto. 2002. Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

_________. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas: Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

_________. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: Dari Pemikiran Menuju Penerapan. Jakarta: FISIP UI Press.

__________.2013. Kesejahteraan Sosial: Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial dan Kajian Pembangunan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soleh, Chabib. 2014. Dialektika Pembangunan dengan Pemberdayaan. Bandung: FOKUSMEDIA.

Theresia, Aprillia, dkk. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat: Acuan bagi Praktisi, Akedemisi, dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Theresia, Aprillia, dkk. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat: Acuan Bagi Praktisi, Akademisi, dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Sukmana, O., Salviana, V., & Hidayat, D. W. (2020). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KAMPUNG WOLULAS, KECAMATAN TUREN, KABUPATEN MALANG SEBAGAI KAMPUNG WISATA EDUKASI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 134–144. https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2286

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 137 times