KEPUASAN KONSUMEN BERBASIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v8i2.7255Keywords:
Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas PelayananAbstract
Pariwisata adalah aktivitas bergerak maju yang melibatkan banyak insan dan menghidupkan aneka macam bidang usaha, salah satunya usaha kuliner. Usaha kuliner adalah usaha restoran. Restoran merupakan usaha jasa makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis kualitas pelayanan dan harga baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan konsumen Restoran Pondok Cengek 2 Kota Bogor. Pengambilan sampel berjumlah 100 responden yang diambil dengan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling dengan kriteria; 1) konsumen yang pernah membeli minimal 1 kali produk Restoran Pondok Cengek 2 Kota Bogor, 2) konsumen yang dilihat cukup dewasa untuk mengisi kuesioner sudah berusia minimal 17 tahun, dengan alasan telah mampu dalam menentukan pilihan produk secara rasional. Kuesioner teruji dengan uji validitas, uji reliabilitas dan juga uji asumsi klasik. Pengujian valid, reliabel, asumsi klasik dan dapat dipakai untuk data regresi linier berganda. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif serta verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh simultan dan parsial kualitas pelayanan dan harga secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan harga memberikan pengaruh tertinggi terhadap kepuasan konsumen
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen
References
Asih, & Setiawan, Y,. (2015). Pengaruh Ketidakpuasan dan Sikap Mengeluh Pada Prilaku Mengeluh Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4 No. 7, Hal. 2001-2015. Diambil dari: http:/ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/…/ (15 Maret 2022).
Arif, D., & Ekasari, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayana, Harga, Suasana Kafe Terhadap Kepuasan Konsumen Mbalara Coffee dan Culinary di Kecamatan Taman. Jurnal Ecopreneur. 12. Vol. 3, No. 2, Hal. 139-146. Diambil dari: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/780/614 (29 Desember 2021).
Gay, L dan Roscoe. (1992). Research Methods for Business and Management. New York: MacMillan Publishing Company.
Gemina, D., & Zulkipli, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Royal Safari Garden Resort And Convention Cisarua Bogor. Jurnal Binaniaga. Vol. 4, No. 2, Hal. 21- 33. Diambil dari: https://www.ejournal.stiebinaniaga.ac.id/index.php/management/article/vie w/333/279 (29 Desember 2021).
KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa ndonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pasca- [Diakses 15 Januari 2022].
Khoirista, A., Yulianto E., & Mawardi. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Fedex Express Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 25 No. 2, Hal. 1-12. Diambil dari: https://media.neliti.com/media/publications/86174-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep.pdf (29 Desember 2021).
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Lumenta, Daddy, J., Mandey, Silvya, L., & J., Rotinsulu, Jopie. (2014). Analisis Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Pos ndonesia (Persero) Manado. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3, Hal. 1550-1562. Diambil dari: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5913 (29 Desember 2021).
Lupiyoadi, Hamdani. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Manullang, (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. P.O.BOX 14. Bulaksumur.
Mevita, Afrida, S., & Suprihhadi, H. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 2 No. 9, Hal. 1-12. Diambil dari: https://adoc.pub/pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-kepuasan-konsumen-afrida-.html ( 6 April 2022).
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen. Vol. 3 No. 2, Hal 134-146. Diambil Dari: https://doi.org/10.33557/jibm.v3i2.1106 (13 Januari 2022).
Ninemeier, Jack D. & Hayes David K. (2011). Restaurant Operations Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Ong, Johan, O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di SBU Laboratory Cibitung PT. Sucofindo (Persero). Jurnal Teknik ndustri Undip. Vol. 9, No. 1, Hal. 1-12. Diambil dari: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/6024 ( 29 Desember 2021).
Pangastuti, H., & Permana, L. (2019). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kantin Institut Teknologi Sumatera Menggunakan mportance Performance Analysis. Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan. Vol. 1, No. 1 hal. 8-16. Diambil dari: http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/teknologi_pangan/article/view/165 (29 Desember 2021).
Rochaety, E., Tresnati, R., & Latief, H. A. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Edisi 2. Kerja Sama. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Safrizal, S. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. Vol. 4, No. 1, Hal. 214-226. Diambil dari https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/270 (29 Desember 2021).
Silaningsih, E., Yuningsih, E., & Yuningsih, Y. (2021). Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Kualitas Layanan: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Konsumen. Jurnal Visiunida. Vol. 7, No. 1, Hal 43-53. Diambil dari https://ojs.unida.ac.id/Jvs/article/view/4360 (29 Desember 2021).
Soewaji, Jusuf. (2012). Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Solikha, Siti., & Suprapta, M. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada PT. Go-Jek. Jurnal Ekobis. Vol. 10, No. 1, Hal 67-76. Diambil dari: http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis (29 Desember 2021).
Suryadarma, Wayan, W., & Nurcahya, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Konsumen Hotel Bintang Pesona di Denpasar Timur. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 4, Hal. 930-942. Diambil dari: http://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/11433 ( 29 Desember 2021).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. dan Media, Yogyakarta. Suryadarma, Wayan, W., & Nurcahya, K. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Konsumen Hotel Bintang Pesona di Denpasar Timur. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 4, Hal. 930-942 Diambil dari: http://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/11433 (29 Desember 2021).
Tjiptono. F. (2016). Pemasaran Jasa, Karakteristik Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi
Widodo, Slamet. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitaspelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Molivia Cafe (Studi Kasus Pada Konsumen Molivia Cafe, Jalan H.M. Joni, Teladan Timur, Kota Medan). Jurnal Manajemen Tools. Vol. 13, No. 1, Hal. 101-112. Diambil Dari: https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/3899 (18 Juni 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 (Jurnal Visionida)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work