PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG TAMAN WISATA
Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tanggapan responden terhadap bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap dan jaminan di Taman Wisata Matahari, 2) pengaruh secara simultan butki fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati di Taman Wisata Matahari, 3) pengaruh secara parsial bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati di Taman Wisata Matahari. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Pengambilan sampel berjumlah 100 pengunjung dengan menggunakan metode Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada pengunjung yang akan berwisata. Metode analisis data menggunakan skala likert untuk analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji-F dan uji-t. Penilaian bukti fisik pada kepuasan termasuk kategori sangat baik, penilaian kehandalan termasuk kategori sangat baik, penilaian terhadap daya tanggap termasuk kategori sangat baik, penilaian terhadap jaminan termasuk kategori sangat baik, penilaian terhadap daya tanggap termasuk kategori sangat baik. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa secara simultan variabel bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, jaminan berpengaruh positif serta signifikan pada kepuasan pengunjung di Taman Wisata Matahari Cisarua Bogor. lalu secara parsial variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 (Jurnal Visionida)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work