STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MBKM DALAM RANGKA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Arti Yoesdiarti Universitas Djuanda
  • La ode Amril Universitas Djuanda
  • Dede Kardaya Universitas Djuanda
  • Ristika Handarini Universitas Djuanda
  • Resti Yeksyastuti Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v13i1.5048

Keywords:

Merdeka Belajar kampus Merdeka, Strategi pengembangan MBKM, Universitas Djuanda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dialami oleh Universitas Djuanda dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pembelajaran serta menentukan strategi terbaik untuk pengembangan program MBKM pembelajaran ke depannya. Responden berjumlah 16 orang yang berasal dari perwakilan pimpinan, dekan, kaprodi, dan dosen. Hasil menunjukkan bahwa dalam analisis lingkungan, program MBKM yang dilaksanakan Universitas Djuanda berada pada matriks I (pertumbuhan), adapun melalui matriks SWOT diperoleh strategi untuk pengembangan program MBKM yaitu  Memperkuat perolehan hibah terkait MBKM dan keikutsertaan dosen dan mahasiswa pada program MBKM nasional, Membuat kebijakan dan sosialiasinya yang dapat mengukuhkan program MBKM,  Memperkuat kurikulum melalui lokakarya kurikulum serta teknis implementasi,  Meningkatkan pemahaman dan motivasi dosen dan mahasiswa mengenai MBKM,  Memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Dikjar, fakultas/prodi dengan unit kerja lain di Universitas Djuanda,  Meningkatkan kerjasama dengan semua pihak yang pernah bekerjasama sebelumnya di program terdahulu,  Melakukan inisiasi kerjasama baru yang melibatkan banyak pihak.

References

David. 2004. Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo: Jakarta.

Dirjen Dikti Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Pearson Education Inc. Upper Sddle River. New Jersey.

Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2016. The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Ray, R. 2018. Perencanaan Manajemen Strategis Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Krl Commuter Line Bogor-Jakarta). Business Management Journal. Vol 14 (02) : 137-153.

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siregar. 2019. Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management, Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Dan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Darmajaya, 5(2), 53–79.

Solihin, I. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Umar, H. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persad

Winardi, RR., Prasetyo HA. 2020. Analisis SWOT pada Industri Sirup Strowberi di Tingkat Home Industri. Vol. 04. No. 02. P-ISSN : 2580-4057.

Wright Peter Wright, Mark J Kroll, dan Parnell John. 1996. Strategic Management : Concept and Cases. United States : McGraw-Hill.

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Yoesdiarti, A., Amril, L. ode, Kardaya, D., Handarini, R., & Yeksyastuti, R. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MBKM DALAM RANGKA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI. Jurnal Sosial Humaniora, 13(1), 71–81. https://doi.org/10.30997/jsh.v13i1.5048

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 152 times

Most read articles by the same author(s)