STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MBKM DALAM RANGKA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v13i1.5048Keywords:
Merdeka Belajar kampus Merdeka, Strategi pengembangan MBKM, Universitas DjuandaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dialami oleh Universitas Djuanda dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pembelajaran serta menentukan strategi terbaik untuk pengembangan program MBKM pembelajaran ke depannya. Responden berjumlah 16 orang yang berasal dari perwakilan pimpinan, dekan, kaprodi, dan dosen. Hasil menunjukkan bahwa dalam analisis lingkungan, program MBKM yang dilaksanakan Universitas Djuanda berada pada matriks I (pertumbuhan), adapun melalui matriks SWOT diperoleh strategi untuk pengembangan program MBKM yaitu Memperkuat perolehan hibah terkait MBKM dan keikutsertaan dosen dan mahasiswa pada program MBKM nasional, Membuat kebijakan dan sosialiasinya yang dapat mengukuhkan program MBKM, Memperkuat kurikulum melalui lokakarya kurikulum serta teknis implementasi, Meningkatkan pemahaman dan motivasi dosen dan mahasiswa mengenai MBKM, Memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Dikjar, fakultas/prodi dengan unit kerja lain di Universitas Djuanda, Meningkatkan kerjasama dengan semua pihak yang pernah bekerjasama sebelumnya di program terdahulu, Melakukan inisiasi kerjasama baru yang melibatkan banyak pihak.
References
David. 2004. Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo: Jakarta.
Dirjen Dikti Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Pearson Education Inc. Upper Sddle River. New Jersey.
Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2016. The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Ray, R. 2018. Perencanaan Manajemen Strategis Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Krl Commuter Line Bogor-Jakarta). Business Management Journal. Vol 14 (02) : 137-153.
Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Siregar. 2019. Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management, Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Dan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Darmajaya, 5(2), 53–79.
Solihin, I. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Umar, H. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persad
Winardi, RR., Prasetyo HA. 2020. Analisis SWOT pada Industri Sirup Strowberi di Tingkat Home Industri. Vol. 04. No. 02. P-ISSN : 2580-4057.
Wright Peter Wright, Mark J Kroll, dan Parnell John. 1996. Strategic Management : Concept and Cases. United States : McGraw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Sosial Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors submitting manuscripts must understand and agree to copyright the manuscript of the article was transferred to OJS Djuanda University. All rights reserved. The copyright release statement for the Journal of Social Humanities is set out in the Agreement Transfer of Copyright. This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) version 4.0 where Author and Readers can copy and redistribute material in any media or format , as well as mixing, modifying and building materials for any purpose, but they must provide appropriate credit (citing articles or content), provides a link to the license, and indicates when changes have been made. If you mix, modify, or develop, the materials you have to distribute your contributions are under the same license as the originals.