HUBUNGAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SETTING STAD

Authors

  • La Ode Amril Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v7i1.481

Abstract

Tujuan dari penelitian korelasi ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan representasi matematika dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL setting STAD. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, Yogyakarta, yang berjumlah empat kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni instrumen prestasi belajar dan instrumen kemampuan representasi matematis. Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan representasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa digunakan tes signifikansi dengan koefisien korelasi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dengan prestasi belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,89 (r = 0,89).

Author Biography

La Ode Amril, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Downloads

Published

2016-04-20

How to Cite

Amril, L. O. (2016). HUBUNGAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SETTING STAD. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1). https://doi.org/10.30997/jsh.v7i1.481

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 145 times