HUBUNGAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SETTING STAD
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v7i1.481Abstract
Tujuan dari penelitian korelasi ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan representasi matematika dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL setting STAD. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, Yogyakarta, yang berjumlah empat kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni instrumen prestasi belajar dan instrumen kemampuan representasi matematis. Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan representasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa digunakan tes signifikansi dengan koefisien korelasi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dengan prestasi belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,89 (r = 0,89).