ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU GENERASI Z DALAM MELAKUKAN INFAK

Main Article Content

Fifi Alfina Yahya
Farah Wulandari Pangestuty

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat berbagai sektor terguncang, termasuk sektor ekonomi. Banyak masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan sebagai dampak meluasnya covid-19 di Indonesia. Disisi lain, meskipun terjadi krisis di masa pandemi ini, penghimpunan infak justru meningkat. Berdasarkan data Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dari tahun ke tahun penghimpunan infak sedekah mengalami peningkatan. Meskipun terjadi krisis di masa pandemi ini. Peningkatan signifikan terlihat justru terjadi pada tahun 2020 saat pandemi terjadi. Tingginya penghimpunan dana infak turut didukung dengan potensi muslim yang ada di Indonesia. Sementara itu, berdasarkan Charities Aid Foundation menobatkan Indonesia sebagai negara yang paling dermawan pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi masyarakat khususnya generasi Z dalam berinfak. Responden dalam penelitian ini adalah generasi Z di Jawa Timur yang pernah melakukan infak ataupun tidak. Penentuan responden menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala 1-4. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, keimanan, dan kepedulian sosial berpengaruh positif terhadap perilaku berinfak di masa pandemi, sedangkan pendapatan dan norma subjektif tidak memiliki pengaruh terhadap infak yang dilakukan di masa pandemi.

Article Details

How to Cite
Yahya, F. A., & Pangestuty, F. W. . (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU GENERASI Z DALAM MELAKUKAN INFAK . Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 11–24. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.8553
Section
Articles

References

Abdullah, M., & Sapiei, N. S. (2018). Do religiosity, gender and educational background influence zakat compliance? The case of Malaysia. International Journal of Social Economics, 45(8), 1250–1264. https://doi.org/10.1108/IJSE-03-2017-0091

Ahn, J. chang, Sura, S., & An, J. C. (2018). Intention to donate via social network sites (SNSs): A comparison study between Malaysian and South Korean users. Information Technology and People, 31(4), 910–926. https://doi.org/10.1108/ITP-12-2015-0307

Aji, H. M., Albari, A., Muthohar, M., Sumadi, S., Sigit, M., Muslichah, I., & Hidayat, A. (2021). Investigating the determinants of online infaq intention during the COVID-19 pandemic: an insight from Indonesia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.1108/JIABR-05-2020-0136

Ajzen, I. (2005). Attides, Personallity and Behavior. In International Journal of Strategic Innovative Marketing (Vol. 3, pp. 117–191).

Amanta, M. V., Rindayati, W., & Arsyianti, L. D. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Alokasi Infak Rumah Tangga: Studi Kasus di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Al-Muzara’ah, 2(1), 39–53.

Andam, A. C., & Osman, A. Z. (2019). Determinants of intention to give zakat on employment income: Experience from Marawi City, Philippines. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 10(4), 528–545. https://doi.org/10.1108/JIABR-08-2016-0097

Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 94–108. https://doi.org/10.30997/jsei.v5i1.1835

Barkah, Q., Azwari, P. C., Saprida, & Umari, Z. F. (2018). Fikih Zakat, Sedekah, dan Wakaf. Kencana.

Barus, K. (2020). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Meningkat, PowerCommerce Asia Tangkap Peluang, Luncurkan Halal Plaza. https://www.industry.co.id/read/65748/jumlah-penduduk-muslim-indonesia-meningkat-powercommerce-asia-tangkap-peluang-luncurkan-halal-plaza

Bayu, D. J. (2020). Survei: Gen Z Paling Banyak Berdonasi Digital saat Pandemi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/survei-gen-z-paling-banyak-berdonasi-digital-saat-pandemi

BAZNAS. (2021). Masa Pandemi 2020, Penghimpunan BAZNAS Naik 30 Persen. https://baznas.go.id/Press_Release/baca/Masa_Pandemi_2020,_Penghimpunan_BAZNAS_Naik_30_Persen/689

Beik, I., & Alhasanah, I. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Dan Pemilihan Tempat Berzakat Dan Berinfak. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 2(1), 64–75.

Cahyani, D. R. (2020). 47 Persen UMKM Bangkrut Akibat Pandemi Corona.

Cokrohadisumarto, W. bin M., Zaenudin, Z., Santoso, B., & Sumiati, S. (2020). A study of Indonesian community’s behaviour in paying zakat. Journal of Islamic Marketing, 11(4), 961–976. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2018-0208

Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.

Liu, L., Suh, A., & Wagner, C. (2018). Empathy or perceived credibility? An empirical study on individual donation behavior in charitable crowdfunding. Internet Research, 28(3), 623–651. https://doi.org/10.1108/IntR-06-2017-0240

Markom. (2020). Peran BAZNAS dalam Membantu Kesejahteraan Masyarakat dan Korelasi dengan Ekonomi Syariah. https://baznas.go.id/featured/baca/Peran_BAZNAS_dalam_Membantu_Kesejahteraan_Masyarakat_dan_Korelasi_dengan_Ekonomi_Syariah/28

Mirawati, D., Malik, Z. A., & Ibrahim, M. A. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Membayar Zakat Profesi Karyawan RSUD Tanjungpandan Belitung. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 4(2), 574. http://www.pasca.unhas.ac.id.

Mustaqimmah, N., & Sari, N. D. (2021). Konsep Diri Generasi Z Pengguna AplikasiTik Tok Di Kabupaten Rokan Hulu. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9, 148–166. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/8430

Muttaqin, Z. (2015). ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP JUMLAH INFAQ PESERTA PENGAJIAN ROHANI. Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 5(2), 25–54.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Nasution, J. (2017). Analisis Pengaruh Kepatuhan Membayar Zakat Terhadap Keberkahan. At-Tawassuth, II(2), 282–303.

Nuari, R., & Hendratmi, A. (2019). Faktor Minat Berdonasi Pada Lembaga Amil Zakat Sahabat Mustahiq. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(11), 2272–2282.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 60. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73

Reksoprayitno. (2004). Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. Bina Grafika.

Salasiah, S., Diana, D., Fatah, M. A., & Adriansyah, M. A. (2020). Membangun Kepedulian Pada Sesama di Masa COVID-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 160. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4973

Shodiq, S. (2014). Pengukuran Keimanan: Perspektif Psikologi. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 126–138. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.573

Smeru, Prospera, UNDP, & UNICEF. (2021). Ringkasan Eksekutif: Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia. SMERU Research Institute, 1–7.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabet.

Syafitri, O. Y., Wildan, N., Huda, N., & Rini, N. (2021). Tingkat Religiusitas dan Pendapatan: Analisis Pengaruh Terhadap Keputusan Membayar Zakat, Infaq dan Shadaqah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 34-40.

Widayanti, S. Y. M. (2016). Sikap Sosial dan Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana Alam Banjir. Jurnal PKS, 15(2), 145–164.

Zahro, R. R., & Fanani, S. (2020). Analisis Theory of Planned Behaviour Dan Pengetahuan Terhadap Niat Berinfaq Jamaah Majelis Taklim Kecamatan Sukomanunggal Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(6), 1209. https://doi.org/10.20473/vol6iss20196pp1209-1227.