PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DI EVENTSURABAYA

Main Article Content

Muhammad Alib Hafid
A’rasy Fahrullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran minat masyarakat terhadap event yang belangsung di Surabaya dalam perspektif manajemen bisnis syariah. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan eventsurabaya yang bergerak di bidang media digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mengedepankan analisis data, wawancara, dan mencari sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan penting dalam memudahkan para pelaku usaha menjalankan usahanya terutama dalam bidang promosi produk. Media sosial memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dengan jutaan pengguna  lainnya. Hal ini merupakan suatu kesempatan bagi para pengusaha untuk digunakan sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran. Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pemasaran bisnis harus didasari dengan Syariah islam yang baik dan benar. Dalam perspektif manajemen bisnis syariah  sektor  pemasaran merupakan industri yang memenuhi kebutuhan hidup, sekiranya dilakukan dengan cara yang jauh dari unsur kebatilan.

Article Details

How to Cite
Hafid, M. A., & Fahrullah, A. . (2023). PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DI EVENTSURABAYA. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 34–46. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7968
Section
Articles

References

Afsari. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Perspektif Manajemen Bisnis Syariah Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Bangunan Satu Jiwa. Skripsi Program Studi Bisnis Syariah Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Amrina, M., & Fahrullah, A. (2021). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqoh) di Laznas IZI Jawa Timur. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 124–138. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n1.p124-138

Iswandi, A. (2021). Review E-Commerce dalam Perspektif Bisnis Syariah. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan dan Ekonomi Syariah, 13(01), 9-20.

Maleha, N. Y. (2016). Manajemen bisnis dalam Islam. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 1(2), 43-54.

Nuriawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemasaran Dalam Bisnis Syariah. IZZI: Jurnal Ekonomi Islam 1 (1), 42-54

Nurohman, Y. A., et al. (2018). "Peran Promosi Media Sosial pada Pemilihan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah." Among Makarti 11(2), doi:10.52353/ama.v11i2.168.

Sarastuti, Dian. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Komunikasi,16(1), 1-90.

Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88.

Umami, Azkiyaul. (2018). Strategi Komunikasi Marketing Bisnis Retail Syariah di Minimarket Sodaqo dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wulandari, Bunga. (2022). Peran Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Kasus pada Sabar Coffee and Go di Tulungagung). Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah.

Zaki, Khozin. (2019). Viral Marketing Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Studi Kasus Pada Perusahaan Start Up Sosial. Jawa Tengah: Amerta Studio.