PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DI EVENTSURABAYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran minat masyarakat terhadap event yang belangsung di Surabaya dalam perspektif manajemen bisnis syariah. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan eventsurabaya yang bergerak di bidang media digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mengedepankan analisis data, wawancara, dan mencari sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan penting dalam memudahkan para pelaku usaha menjalankan usahanya terutama dalam bidang promosi produk. Media sosial memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dengan jutaan pengguna lainnya. Hal ini merupakan suatu kesempatan bagi para pengusaha untuk digunakan sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran. Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pemasaran bisnis harus didasari dengan Syariah islam yang baik dan benar. Dalam perspektif manajemen bisnis syariah sektor pemasaran merupakan industri yang memenuhi kebutuhan hidup, sekiranya dilakukan dengan cara yang jauh dari unsur kebatilan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Afsari. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Perspektif Manajemen Bisnis Syariah Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Bangunan Satu Jiwa. Skripsi Program Studi Bisnis Syariah Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Amrina, M., & Fahrullah, A. (2021). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqoh) di Laznas IZI Jawa Timur. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 124–138. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n1.p124-138
Iswandi, A. (2021). Review E-Commerce dalam Perspektif Bisnis Syariah. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan dan Ekonomi Syariah, 13(01), 9-20.
Maleha, N. Y. (2016). Manajemen bisnis dalam Islam. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 1(2), 43-54.
Nuriawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemasaran Dalam Bisnis Syariah. IZZI: Jurnal Ekonomi Islam 1 (1), 42-54
Nurohman, Y. A., et al. (2018). "Peran Promosi Media Sosial pada Pemilihan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah." Among Makarti 11(2), doi:10.52353/ama.v11i2.168.
Sarastuti, Dian. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Komunikasi,16(1), 1-90.
Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88.
Umami, Azkiyaul. (2018). Strategi Komunikasi Marketing Bisnis Retail Syariah di Minimarket Sodaqo dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wulandari, Bunga. (2022). Peran Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Kasus pada Sabar Coffee and Go di Tulungagung). Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah.
Zaki, Khozin. (2019). Viral Marketing Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Studi Kasus Pada Perusahaan Start Up Sosial. Jawa Tengah: Amerta Studio.