STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA UMKM LEBAH MADU DI DESA BOJONG MURNI
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pemasaran syariah dilakukan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan
sehingga dapat mencapai keuntungan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis strategi pemasaran syariah pada UMKM Lebah Madu KTH Sadar Tani Muda di
Desa Bojongmurni. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data
menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran
yang telah diterapkan UMKM lebah madu dalam memasarkan produknya yaitu menjual
produk yang halal, harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas produk, memiliki tempat usaha sendiri dan promosi yang dilakukan dengan jujur. Selain itu, UMKM lebah madu juga memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan menjauhi unsur penipuan yang
bertentangan dengan syariat Islam. Strategi pemasaran syariah yang efektif untuk
diterapkan pada UMKM lebah madu adalah peningkatkan pelayanan yang berkualitas
dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, peningkatan inovasi yang
melibatkan olahan herbal lain sebagai pelengkap obat-obatan herbal, memberikan harga
terbaik untuk meyakinkan konsumen, melakukan pengenalan brand image produk madu
kepada konsumen dan melakukan pemasaran aktif di berbagai wilayah melalui event
pameran serta mengoptimalkan promosi melalui semua media online seperti facebook,
youtube, whatsapp dan lainnya
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id