STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA UMKM LEBAH MADU DI DESA BOJONG MURNI

Authors

  • Nurul Alifia Khoirunissa
  • Afiatin Dewi Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7233

Abstract

Kegiatan pemasaran syariah dilakukan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan

sehingga dapat mencapai keuntungan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk

menganalisis strategi pemasaran syariah pada UMKM Lebah Madu KTH Sadar Tani Muda di

Desa Bojongmurni. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data

menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran

yang telah diterapkan UMKM lebah madu dalam memasarkan produknya yaitu menjual

produk yang halal, harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas produk, memiliki tempat usaha sendiri dan promosi yang dilakukan dengan jujur. Selain itu, UMKM lebah madu juga memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan menjauhi unsur penipuan yang
bertentangan dengan syariat Islam. Strategi pemasaran syariah yang efektif untuk
diterapkan pada UMKM lebah madu adalah peningkatkan pelayanan yang berkualitas
dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, peningkatan inovasi yang
melibatkan olahan herbal lain sebagai pelengkap obat-obatan herbal, memberikan harga
terbaik untuk meyakinkan konsumen, melakukan pengenalan brand image produk madu
kepada konsumen dan melakukan pemasaran aktif di berbagai wilayah melalui event
pameran serta mengoptimalkan promosi melalui semua media online seperti facebook,
youtube, whatsapp dan lainnya

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Khoirunissa, N. A., & Dewi, A. (2023). STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA UMKM LEBAH MADU DI DESA BOJONG MURNI . Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 131–141. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7233
Abstract viewed = 19 times