EFEKTIVITAS MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Main Article Content

Mohamad Ghozali
Vira Safitri
Abdus Salam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab timbulnya konflik, penerapan manajemen konflik dan efektivitas manajemen konflik dalam menyelesaikan masalah di BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi dengan teknis analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab timbulnya konflik pada BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Cirebon yaitu tujuan yang berbeda mengenai penyaluran pembiayaan, keterbatasan sumber daya manusia dan disiplin kerja karyawan. Penerapan manajemen konflik pada BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Cirebon dilakukan dengan menggunakan metode kompromi, akomodasi, dan kolaborasi. Efektivitas manajemen konflik yang diterapkan BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Cirebon dapat dikatakan efektif. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya kembali penyaluran pembiayaan dan pemanggilan karyawan yang dirumahkan atau dengan adanya perekrutan karyawan pada bulan November 2021, agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik serta penerapan sanksi untuk karyawan yang tidak disiplin.

Article Details

How to Cite
Ghozali, M., Safitri, V., & Salam, A. (2022). EFEKTIVITAS MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 217–231. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i2.6838
Section
Articles

References

Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik Dalam Organisasi Pendidikan. Al-Fikri Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, Volume 2 Nomor 2 Agustus. Hal. 31-38.

Bashori. (2020). Resolusi Manajemen Konflik (Kajian Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam). Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya. Volume 4, No. 2 July.

Gamin, Nugroho, B., Kartodihardjo, H., Kolopaking, L.M., & Boer, R. (2014). Menyelesaikan Konflik Penguasaan Kawasan Hutan Melalui Pendekatan Gaya Sengketa Para Pihak di Kesatuan Pengelolaan Hutan Lakitan (Resolving Forest Land Tenure Conflict by Actor’s Conflict Style Approach in Forest Management Unit of Lakitan). Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan Vol. 11 No. 1, April. Hal. 71-90.

Gulo,A. R. B., Silitonga, E., & Saragih, M. (2020). Integrating dan Obliging Sebagai Gaya Manajemen Konflik Dalam Mengurangi Stres Kerja Perawat Pelaksana. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol. 11 No. 2. Hal 242-249.

Harmah. (2017). “Skripsi Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali (Analisis Manajemen Syariah)”. STAIN Parepare.

https://quickstart-indonesia.com/thomas-kilmann-model/ dikutip pada tanggal 24 Juni 2022 pukul 18.58 WIB.

Kusworo. (2019). Manajemen Konflik dan Perubahan Dan Organisasi. Cetakan Pertama ALQAPRINT JATINANGOR-Anggota Ikapi: Sumedang-Bandung. Hal. 1-322.

Lontoh, R. L & Tambajong, H. B. (2022). Kebijakan Pemerintah Terhadap Perkreditan Bank Di Masa Pandemi Covid-19. Legal Studies Journal Vol. 2, No. 1. Hal. 43-47.

Nisa, V. F. (2021). “Skripsi Pengaruh Kerja Sama Tim Dan Disiplin Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung”. Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rofiq, A. (2018). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kebijakan di SMP Al-Kautsar Tanjungpinang Kepulauan Riau. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 3 No 2. Hal. 76-97.

Saputro, W. A., & Ningrum, R. N. (2021). Pergeseran Penguatan Sumber Daya Manusia Di Sektor Yang Minimal Dampaknya Terhadap Pandemi Covid-19. Journal of Agribussines, Social and Economic, 1 (1), 1-11.

Setyaningsih, L. A & Iza Hanifuddin. (2021). Peran dan Dampak BMT Terhadap Usaha Mikro di Masa Pandemi Covid-19. Asset: Junal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis Vol. 4, No. 2. http://journal.umpo.ac.id,index.php/asset.

Setyowati, T & Putra, R. P. (2015). Hubungan Manajemen Konflik dan Manajemen Resiko Dalam Mengembalikan Efektivitas Tenaga Kerja PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. Jurnal Manajemen Vol. 3. No. 1 April.

Soehardi, D. V. L. (2020). “Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada Bank Syariah Mandiri Pekanbaru Cabang Tuanku Tambusi”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02). Hal. 360-366.