MANAJEMEN PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH TERHADAP PROGRAM PEMBERDAYAAN UMKM PADA LAZISMU BOJONEGORO

Main Article Content

Rizki Nur Alfiani
Nasrulloh Nasrulloh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur manajemen pengelolaan dana ZIS pada program pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan oleh LAZISMU. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan manajemen pengelolaan dana zakat, infaq, dan shodaqoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan penyaluran dana zakat, infaq, dan shodaqoh pada pemberdayaan UMKM diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dhuafa dengan melakukan kegiatan program pemberdayaan UMKM yang telah dicanangkan LAZISMU. Terdapat pendekatan dua pola yang dapat dipilih oleh calon mustahik, diantaranya ialah Pemberdayaan UMKM terikat dan tidak terikat. Pertama, pemberdayaan UMKM terikat ialah pemberdayaan UMKM yang telah disediakan oleh pihak LAZISMU Bojonegoro yang diperuntukan bagi para mustahik. Kemudian yang kedua, pemberdayaan UMKM tidak terikat ialah pemberdayaan yang diperuntukan bagi para mustahik yang mengajukan bantuan terhadap UMKM yang baru akan dijalankan ataupun yang sudah dijalankan oleh mustahik.

Article Details

How to Cite
Alfiani, R. N., & Nasrulloh, N. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH TERHADAP PROGRAM PEMBERDAYAAN UMKM PADA LAZISMU BOJONEGORO. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 312–320. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i2.6777
Section
Articles

References

Ahsan, Fauzul Mizanul dan Raditya Sukmana, 2019, Analisis Pengumpulan Dan Pengelolaan Zakat, Infaq Dan Shodaqah Di LAZIS Muhammadiyah Lamongan, jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(12)

Amin, Zainal dan Didik Kurniawan, 2019, Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh (Studi Kasus Pada Lazismu Capem Pakong), jurnal Ekomadania 3(1)

Andriani, Indria, skripsi, Manajemen Pengelolaan Dana Zakat dan Infak/Sedekah Pada Lazismu Kota Banjarbaru (Banjarmasin: apoliteknik Negeri Banjarmasin, 2017)

Deden Gandana Madjakusumah dan Udin Saripudin, 2020, Pengelolaan Dana Lembaga Filantropi Islam Dalam Pengembangan Ekonomi Umat, jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 2(1)

Khavid Normasyhuri, 2022, Strategi Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) terhadap Pemberdayaan Ekonomi Umat Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Pada masa Covid-19, jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2)

Khofiyani, Yulita, Skripsi, Praktik Sedekah Online Pada Paytren, (Semarang: 2018, UIN Walisongo)

Malahayatie, 2016, Interpretasi Asnaf Zakat Dalam Konteks Fiqih Kontemporer (Studi Analisis Fungsi Zakat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat), jurnal Al-Mabhats, 1(1)

Ni Nyoman Sunariani, dkk, 2017, Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan Di Provinsi Bali, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1)

Riska Yuliana dan Naswan Suharsono, 2021 Pengelolaan Zakat, Infak, dan Shadaqah oleh Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Buleleng, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1)

Sari, Juwita Purnama, Skripsi, Analisis Pengelolaan Dana Zakat Dalam Memberdayakan Uumkm Pada Lazis Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Medan, (Sumatera Utara: UMSU, 2020)

Saripudin, Udin, 2016, Filantropi Islam dan Pemberdayaan Ekonomi, jurnal Bisnis, 4(2)