UPAYA PENINGKATAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK IB TAHAROH DI BANK DKI KCPS BEKASI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian menjelaskan upaya peningkatan minat nasabah menggunakan analisis SWOT pada produk tabungan iB Taharoh di Bank DKI KCPS Bekasi. Metode riset ini memakai metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Penggalian data internal dilakukan secara langsung kepada beberapa pegawai Bank DKI KCPS Bekasi. Sedangkan penggalian data eksternal dilakukan kepada nasabah yang menggunakan tabungan iB Taharoh. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Bank DKI KCPS Bekasi dalam menerapkan strategi pemasaran dengan menggunakan 7P yakni produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physicl evidence), dan proses (proccess). Selanjutnya analisis SWOT pada bank berada pada kuadran 1. Bank dapat melakukan strategi yang maju dan berkembang dengan memanfatkan kekuatan internal yang ada pada Bank DKI KCPS Bekasi dalam memperoleh profit dari peluang eksternal yakni dengan mempertahankan kegiatan promosi melalui media sosial maupun langsung dapat menarik minat nasabah sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang meningkat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis (Ed. 1). PT Rajagrafindo Persada.
Al-Qur’an dan Terjemahnya. (2020). Departemen Kementerian Agama RI.
Al-Sharif, B. M., Qwader, A., & Fattah Al-Slehat, Z. A. (2017). The Effect of Promotion Strategy in the Jordanian Islamic Banks on a Number of Customers. International Journal of Economics and Finance, 9(2), 81. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n2p81
As’ad, A., Syafii Basalamah, M., & Djamereng, A. (2019). Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Dikti Ekonomika, 1, 1–476.
Astarina, I., & Hapsila, A. (2015). Manajemen Perbankan. Deepublish.
Bank DKI Syariah. (2021). https://jakone.mobi/jakone-blog/bdkisyariah-taharoh.
Entaresmen, R. A., & Pertiwi, D. P. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan Ib Hasanah Di Pt. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 53. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1416
Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Manajemen Pemasaran Islam. Deepublish Publisher.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); pertama). Wal ashri Publishing.
Hasibuan, A. N. (2018). Strategi Pemasaran Produk Funding Di Pt.Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 2(1). https://doi.org/10.31958/imara.v2i1.1032
Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Strategi Sukses Bisnis Bank (Edisi Ke-1). PT Gramedia Pustaka Utama.
Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah (Edisi Ke-1). PT Gramedia Pustaka Utama.
Jabani, M., & Siti Chodijah. (2018). Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Journal of Islamic Management And Bussines, 1(1), 25–33.
Jaber, A. S., & Manasrah, M. S. (2017). The Factors That Affect To Attract Deposits in Palestinian Islamic Banks. Asian Journal of Finance & Accounting, 9(1), 261. https://doi.org/10.5296/ajfa.v9i1.11020
Jamaiyah, & Susianto. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada PT. Bank Sumut Syariah KCPSy Marelan Raya. Jurnal FEB, 1(1), 773–783.
Joko Umbaran. (2018). Bank Umum Konvensional dan Syariah (F. Puspitasari & Nawang Sari (eds.); Edisi Pert). KTSP.p.175.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). If you no longer require this review copy, please return it to Pearson Education and we will donate $1 to Jumpstart for children who need our help. Ebook of Marketing Management 13th Edition, 1, 662.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018a). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018b). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.
Malik, S., & Zaman, S. (2016). Marketing Strategic of Financial Services By Islamic Banks. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 4(5), 19–34. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i5.2016.2671
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan (Ed 1). Absolute Media.
Prof.Dr.Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d (Ed. 22). Alfabeta.
Qurthuby.(2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah Cibadak-Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah Volume 7, Nomor 1, 2019, 17 - 39
Rangkuti, F. (2011). SWOT BALANCED SCORECARD: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. PT Gramedia Pustaka Utama.
Rusby, Z. (2017). Manajemen Perbankan Syariah. In Pusat Kajian Pendidikan Islam UR. http://www.penerbitsalemba.com
Saepudin, E., & Mukarromah, S. (2018). STRATEGI PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH DI BANYUMAS Encep Saepudin 1 , Safitri Mukarromah 2 1. Islamidina Jurnal Pemikiran Islam, 19(September), 41–58.
Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development (Rusmini (ed.); cetakan I). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Setiadi, J.N. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Edisi Ke-3). Prenadamedia Group.
Uksumenko, A. A., Kuzmicheva, I. A., & Vorozhbit, O. Y. (2017). Strategi Pemasaran yang Efektif Bagi BPD. Jurnal Studi Penelitian Eropa, Volume XX, hal.558-567.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (ed. 4). Kencana