UPAYA PENINGKATAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK IB TAHAROH DI BANK DKI KCPS BEKASI

Main Article Content

Siti Nurajijah
Tati Handayani

Abstract

Tujuan penelitian menjelaskan upaya peningkatan minat nasabah menggunakan analisis SWOT pada produk tabungan iB Taharoh di Bank DKI KCPS Bekasi. Metode riset ini memakai metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Penggalian data internal dilakukan secara langsung kepada beberapa pegawai Bank DKI KCPS Bekasi. Sedangkan penggalian data eksternal dilakukan kepada nasabah yang menggunakan tabungan iB Taharoh. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Bank DKI KCPS Bekasi dalam menerapkan strategi pemasaran dengan menggunakan 7P yakni produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physicl evidence), dan proses (proccess). Selanjutnya analisis SWOT pada bank berada pada kuadran 1. Bank dapat melakukan strategi yang maju dan berkembang dengan memanfatkan kekuatan internal yang ada pada Bank DKI KCPS Bekasi dalam memperoleh profit dari peluang eksternal yakni dengan mempertahankan kegiatan promosi melalui media sosial maupun langsung dapat menarik minat nasabah sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang meningkat.

Article Details

How to Cite
Nurajijah, S. ., & Handayani, T. (2022). UPAYA PENINGKATAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK IB TAHAROH DI BANK DKI KCPS BEKASI. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 163–174. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.5387
Section
Articles

References

Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis (Ed. 1). PT Rajagrafindo Persada.

Al-Qur’an dan Terjemahnya. (2020). Departemen Kementerian Agama RI.

Al-Sharif, B. M., Qwader, A., & Fattah Al-Slehat, Z. A. (2017). The Effect of Promotion Strategy in the Jordanian Islamic Banks on a Number of Customers. International Journal of Economics and Finance, 9(2), 81. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n2p81

As’ad, A., Syafii Basalamah, M., & Djamereng, A. (2019). Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Dikti Ekonomika, 1, 1–476.

Astarina, I., & Hapsila, A. (2015). Manajemen Perbankan. Deepublish.

Bank DKI Syariah. (2021). https://jakone.mobi/jakone-blog/bdkisyariah-taharoh.

Entaresmen, R. A., & Pertiwi, D. P. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan Ib Hasanah Di Pt. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 53. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1416

Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Manajemen Pemasaran Islam. Deepublish Publisher.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); pertama). Wal ashri Publishing.

Hasibuan, A. N. (2018). Strategi Pemasaran Produk Funding Di Pt.Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 2(1). https://doi.org/10.31958/imara.v2i1.1032

Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Strategi Sukses Bisnis Bank (Edisi Ke-1). PT Gramedia Pustaka Utama.

Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah (Edisi Ke-1). PT Gramedia Pustaka Utama.

Jabani, M., & Siti Chodijah. (2018). Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Journal of Islamic Management And Bussines, 1(1), 25–33.

Jaber, A. S., & Manasrah, M. S. (2017). The Factors That Affect To Attract Deposits in Palestinian Islamic Banks. Asian Journal of Finance & Accounting, 9(1), 261. https://doi.org/10.5296/ajfa.v9i1.11020

Jamaiyah, & Susianto. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada PT. Bank Sumut Syariah KCPSy Marelan Raya. Jurnal FEB, 1(1), 773–783.

Joko Umbaran. (2018). Bank Umum Konvensional dan Syariah (F. Puspitasari & Nawang Sari (eds.); Edisi Pert). KTSP.p.175.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). If you no longer require this review copy, please return it to Pearson Education and we will donate $1 to Jumpstart for children who need our help. Ebook of Marketing Management 13th Edition, 1, 662.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018a). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018b). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.

Malik, S., & Zaman, S. (2016). Marketing Strategic of Financial Services By Islamic Banks. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 4(5), 19–34. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i5.2016.2671

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan (Ed 1). Absolute Media.

Prof.Dr.Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d (Ed. 22). Alfabeta.

Qurthuby.(2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah Cibadak-Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah Volume 7, Nomor 1, 2019, 17 - 39

Rangkuti, F. (2011). SWOT BALANCED SCORECARD: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rusby, Z. (2017). Manajemen Perbankan Syariah. In Pusat Kajian Pendidikan Islam UR. http://www.penerbitsalemba.com

Saepudin, E., & Mukarromah, S. (2018). STRATEGI PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH DI BANYUMAS Encep Saepudin 1 , Safitri Mukarromah 2 1. Islamidina Jurnal Pemikiran Islam, 19(September), 41–58.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development (Rusmini (ed.); cetakan I). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Setiadi, J.N. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Edisi Ke-3). Prenadamedia Group.

Uksumenko, A. A., Kuzmicheva, I. A., & Vorozhbit, O. Y. (2017). Strategi Pemasaran yang Efektif Bagi BPD. Jurnal Studi Penelitian Eropa, Volume XX, hal.558-567.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (ed. 4). Kencana