STRATEGI PENINGKATAN INTENSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DALAM PARTISIPASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Main Article Content

Wildan Munawar
Muhammad Amin
Tuti Kurnia
Anas Alhifni
Ahmad Akbar

Abstract

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk memenuhi tantangan di era digital dengan memfokuskan peningkatan kompetensi mahasiswa pada berbagai bidang yang berbasis kepada pengalaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi yang tepat guna meningkatkan intensi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Djuanda Bogor untuk berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT guna menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) bagi mahasiswa yang menjadi dasar untuk penentuan strategi. Total populasi mahasiswa aktif program studi ekonomi syariah yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 108 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan program studi ekonomi Syariah adalah 1) meningkatkan intensitas sosialisasi kepada seluruh mahasiswa di tiap Angkatan melalui berbagai platform seperti whatsap grup, google meet, dan zoom meeting. 2) membuka program kegiatan MBKM internal program studi berupa Islamic Social Project (ISP) dan magang/praktik lapang MBKM di lembaga keuangan mikro syariah pada semester genap. 3) tertib administasi berupa konversi kegiatan MBKM dalam mata kuliah menggunakan mixed form yaitu menggabungkan structure form dan free form. 4) struktur pendanaan yang digunakan dalam kegiatan MBKM dikolaborasikan dengan kegiatan lain yang harus mengeluarkan biaya atau sumber lain yang tidak memikat melalui Kerjasama kemitraan.


Kata Kunci: Intensi Mahasiwa, Partisipasi, Program MBKM

Article Details

How to Cite
Wildan Munawar, Muhammad Amin, Tuti Kurnia, Anas Alhifni, & Ahmad Akbar. (2021). STRATEGI PENINGKATAN INTENSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DALAM PARTISIPASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM, 7(2), 204–214. https://doi.org/10.30997/jsei.v7i2.5032
Section
Articles

References

Azjen, I. (2021). Theory of planned behavior. Sumber: http://people.umass.edu/aizen/tpb.html, diakses pada 30 Desember 2021 pukul 14.48.

Ajzen, I. & Fishbein, M. (2009). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. New York: Taylor Francis Group LLC. https://doi.org/10.4324/9780203838020

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682

Herman. (2019). Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Desa Ulidang Kecamatan Tammerodo Kabupaten Majene. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 75-98.

Irene, A., S. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merrdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Mariani, H. (2014). Hubungan antara trust dan kepribadian agreeableness dengan intensi berbagi pengetahuan pada karyawan perusahaan berbasis knowledge management di PT. Pertamina Balikpapan. Motiva: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-10.

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 10-23.

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120- 133.