STRATEGI PENINGKATAN INTENSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DALAM PARTISIPASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
Main Article Content
Abstract
Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk memenuhi tantangan di era digital dengan memfokuskan peningkatan kompetensi mahasiswa pada berbagai bidang yang berbasis kepada pengalaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi yang tepat guna meningkatkan intensi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Djuanda Bogor untuk berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT guna menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) bagi mahasiswa yang menjadi dasar untuk penentuan strategi. Total populasi mahasiswa aktif program studi ekonomi syariah yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 108 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan program studi ekonomi Syariah adalah 1) meningkatkan intensitas sosialisasi kepada seluruh mahasiswa di tiap Angkatan melalui berbagai platform seperti whatsap grup, google meet, dan zoom meeting. 2) membuka program kegiatan MBKM internal program studi berupa Islamic Social Project (ISP) dan magang/praktik lapang MBKM di lembaga keuangan mikro syariah pada semester genap. 3) tertib administasi berupa konversi kegiatan MBKM dalam mata kuliah menggunakan mixed form yaitu menggabungkan structure form dan free form. 4) struktur pendanaan yang digunakan dalam kegiatan MBKM dikolaborasikan dengan kegiatan lain yang harus mengeluarkan biaya atau sumber lain yang tidak memikat melalui Kerjasama kemitraan.
Kata Kunci: Intensi Mahasiwa, Partisipasi, Program MBKM
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Azjen, I. (2021). Theory of planned behavior. Sumber: http://people.umass.edu/aizen/tpb.html, diakses pada 30 Desember 2021 pukul 14.48.
Ajzen, I. & Fishbein, M. (2009). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. New York: Taylor Francis Group LLC. https://doi.org/10.4324/9780203838020
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/591
Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682
Herman. (2019). Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Desa Ulidang Kecamatan Tammerodo Kabupaten Majene. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 75-98.
Irene, A., S. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merrdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Mariani, H. (2014). Hubungan antara trust dan kepribadian agreeableness dengan intensi berbagi pengetahuan pada karyawan perusahaan berbasis knowledge management di PT. Pertamina Balikpapan. Motiva: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-10.
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 10-23.
Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120- 133.