TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JUAL BELI MAKANAN DENGAN KONSEP ALL YOU CAN EAT (STUDI PADA DUA RUMAH MAKAN DI BOGOR)

Main Article Content

Ariansyah
Qomaruddin S

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan prinsip jual beli dalam Islam terhadap pelaksanaan jual beli makanan dengan konsep all you can eat di dua rumah makan di Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan jual beli makanan dengan konsep all you can eat di rumah makan Caddie dan Yorichi telah sesuai dengan prinsip jual beli dalam Islam, walaupun di kedua rumah makan tersebut dalam segi jumlah atau takaran makanan terdapat gharar (ketidakjelasan), tetapi hal tersebut diperbolehkan karena termasuk ke dalam gharar yasir (ringan).


Kata kunci: All You Can Eat, Jual Beli,  Prinsip Jual Beli Islam.

Article Details

How to Cite
Ariansyah, & Qomaruddin S. (2021). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JUAL BELI MAKANAN DENGAN KONSEP ALL YOU CAN EAT (STUDI PADA DUA RUMAH MAKAN DI BOGOR). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.30997/jsei.v7i2.4499
Section
Articles

References

Al-Qhorrofiy. Al Furuq, 3: 265-266. Dinukil dari Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 31: 151

Alifiani, M. R., Fauziah, N. E., Surahman, M. 2018. Tinjauan Jual Beli dalam Islam Terhadap Pelaksanaan Jual Beli Makanan dengan Konsep All You Can Eat di Sha-Waregna Bandung. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Volume 4. Nomor 2. ISSN: 2460-2159

Arifin, M. 2018. Panduan Praktis FIKIH PERNIAGAAN ISLAM Berbisnis & Berdagang Sesuai Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam. Edisi ketiga. Darul Haq. Jakarta.

Ermawati, E. 2018. Implementasi Fatwa DSN-MUI NO. 17/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Sanksi Atas Nasabah Mampu Yang Menunda-nunda Pembayaran Dalam Akad Pembiayaan Di BMT Nurrohman Janti Slahung. Skripsi. Program Studi Muamalah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo.

Fanani, M. I. 2019. Jual Beli Air Minum Isi Ulang Depot Dua Putera Di Desa Selokambang Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan (Studi Analisis Hukum Islam dan Keputusan MENPERINDAG NO.651/MPP/KEP/10/2004). Skripsi. Program Studi Hukum Perdata Islam Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Hidayat, E. 2020. Dampak Garar Terhadap Keabsahan Akad Muamalah Kontemporer. Jurnal Syarikah P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 2528-6935 Volume 6 Nomor 2: 114 – 122.

Mayasari, D., dan Rahardjo, S. (2018). Peranan aspek ekonomis pariwisata kota Bogor terhadap pendapatan asli daerah. Jurnal National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development Universitas Bunda Mulia, Jakarta, e-ISSN Nomor: 2622-7436

Nurhidayah. 2019. Jual Beli Makanan Dengan Sistem All You Can Eat Menurut Pendapat Ulama Syeikh Shalih Al-Fauzan Dan Syeikh Ibnu Utsaimin (Studi Kasus di Restaurant Hanamasa Center Point Kec. Medan Timur). Skripsi. Program Studi Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Sari, D. 2019. Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Makanan Dengan Konsep All You Can Eat (Studi Di Rumah Makan Encim Gendut Bandar Lampung). Skripsi. Program Studi Muamalah Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.