MARKETING MIX DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SALON MUSLIMAH DI KOTA BOGOR

Ajeng Eka Sagitta, Mukhamad Najib, Mukhamad Yasid

Abstract

Pergeseran gaya hidup wanita muslim yang lebih tertarik melakukan perawatan tubuhnya pada salon, maka hadirlah salon muslimah yang bisa memenuhi kebutuhan, perawatan, kebersihan dan kecantikan wanita muslim dengan tetap memegang teguh aturan dan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dalam keputusan pembelian menganalisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian dan menentukan tingkat kepuasan pelanggan setelah menggunakan layanan di Muslimah Salon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan teori pengujian melalui pengukuran variabel penelitian menggunakan statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah Path Analysis, yang merupakan teknik pengembangan regresi linier berganda yang digunakan untuk menguji jumlah kontribusi yang ditangani oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur hubungan kausal antara variabel X1, X2 ke Y dan Z. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan karakteristik konsumen secara langsung mempengaruhi keputusan pembelian, keputusan pembelian sebesar  0,708 atau 70,8%. Sedangkan bauran pemasaran, karakteristik konsumen dan keputusan pembelian secara langsung mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 0,212 atau 78% berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran, karakteristik pelanggan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan.

Keywords

Marketing mix, Karakteristik Konsumen, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus kasus pilihan. Yogyakarta CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Anita 2012, Serba muslimah. Dikutip 10 April 2019 dari serba muslimah Buku :http://serbamuslimah.com/perbedaan-salon-yang-biasanya-dengan-salon-uslimah/

BPS Badan Pusat Statistik. 2018. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi-Provinsi di Indonesia Menurut Jumlah penduduk 2017-2018. Katalog BPS930 2001.ISSN.0126-4796.Jakarta (ID). Badan Pusat Statistik.

Christopher Lovelock, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa, terj. Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera, Erlangga, Jakarta

Etta M. Sangaji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi Publisher.

Fajar Laksana. 2012. Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu. Yogyakarta

Fandy Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Andi,. Yogyakarta

Haghsenas, et all. 2013. Review Costumer Behaviour And Factor Affecting On 9Purchasing Decisions, Singapore journal of Business Economics and Management Studies Vol.1 No.10 Hal. 17-24

Huda Nurul, Handi Risza idris, Mustafa Edwin Nasution dan Ranti Wiliasih.2008. Ekonomi Makro Islam. Jakarta: Prenadamedia group

Hurriyati Ratih, M. Si., 2010, Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung

Japrianto dan Djati. 2011. Pengaruh Service Retail Marketing mix terhadap Kepuasan Belanja Tourism Shopper di Plaza Plaza Surabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen bisnis Vol.2 No.1 Hal 135-154

Jauhari Fadhill (2010) Kepribadian wanita muslim shalihah Dikutip 23 Pebuari 2010 dari Buku https://fadhlijauhari.wordpress.com//kepribadian-wanita-muslimah-shalihah

Juliansyah Noor, 2012, Metodologi Penelitian, Kencana, Jakarta

Kara, Muslimin 2012. Pemikiran Al-Syatibi Tentang Maslahah dan Implementasinya dalam pengembangan Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Vol.2 No.2

Kotler dan Amstrong,2012. Principle of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong.(2016). Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2019. Manajemen Pemasaran 4.0: Analisis Perencanaan, Implementasi dan control.Jakarta: PT. Prehallindo.

Lupiyodi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa berbasis kompetensi.(Edisi3) Jakarta: Salemba Empat

McKechnie, Sally, 2012. Costumer Buying Behaviour in Financial Service: An Overview. North California: University of North California.

Mowen,J.C.,dan Minor, M. 2012 Prilaku konsumen Jilid 1. Edisi kelima(terjemahan). Jakarta : Erlangga

Nasution. Mustafa Edwin. 2009 Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta:Prenada Media

Philip Kotler dan Gary Amstrong 2014, Prinsip Prinsip Pemasaran terj.Bob Sabran, Jakarta :Erlangga

Philip Kotler dan Gary Armstrong, 2009, Prinsip-Prinsip Pemasaran, terj. Damos Sihombing,Erlangga, Jakarta

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2016, Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas Jilid I,terj. Bob Sabran, MM, Erlangga, Jakarta,

Pungnirund. (2013). The Influnce of Marketing Mix on Costumer Purchasing Behaviour at Chatuchak Plaza Market. Internasional journal of social, human and science and engineering vol:7 no.8 Hal 182-184

Rully Indrawan dan Poppy Yaniawati, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, PT Refika Aditama, Bandung,

Saleem, Sarfraz Raja 2014. The Impact of Service Quality on Customer Satisfafaction, Costumer loyalty and Brand Image: Evidence Journal from Hotel Industry of Pakistan Vol.3 No.11 Hal 18-25

Sani,Ahmad. Maharani,vivin. 2013. Metodelogi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press

Sefnedi 2013. Analisis Service Marketing Mix dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pemilihan jasa pendidikan Program Pasca Sarjana, Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol.1 No.2 Hal 64-76

Selim Ahmed and Md.Habibur Rahman. 2015) The Effects of Marketing Mix On Costumer Satisfaction: A Literature Review From Islamic Perspectives Journal Vol.2 No.1 Hal.17-30

Setiawan Budi Utomo, 2003, Fiqih aktual: jawaban tuntas masalah kontemporer, Gema Insan Jakarta hal.134-135

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Alfabeta, Bandung

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sukotjo dan Radix 2010. Analisa Marketing Mix 7P (Product, Price, Prmotion, Place, Partisipant, Process, Physical eviden) terhadap keputusan pembelian produk klinik kecantikan teta disurabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol.1 No.2 Hal 216-228

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta:Liberty Yogyakarta.

Sumarwan Ujang M,Sc,2011, Prilaku konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Jakarta :PT Ghalia Indonesia.

Yusuf, A Muri. 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian. Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.