MARKETING MIX DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SALON MUSLIMAH DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Ajeng Eka Sagitta
Mukhamad Najib
Mukhamad Yasid

Abstract

Pergeseran gaya hidup wanita muslim yang lebih tertarik melakukan perawatan tubuhnya pada salon, maka hadirlah salon muslimah yang bisa memenuhi kebutuhan, perawatan, kebersihan dan kecantikan wanita muslim dengan tetap memegang teguh aturan dan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dalam keputusan pembelian menganalisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian dan menentukan tingkat kepuasan pelanggan setelah menggunakan layanan di Muslimah Salon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan teori pengujian melalui pengukuran variabel penelitian menggunakan statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah Path Analysis, yang merupakan teknik pengembangan regresi linier berganda yang digunakan untuk menguji jumlah kontribusi yang ditangani oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur hubungan kausal antara variabel X1, X2 ke Y dan Z. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan karakteristik konsumen secara langsung mempengaruhi keputusan pembelian, keputusan pembelian sebesar  0,708 atau 70,8%. Sedangkan bauran pemasaran, karakteristik konsumen dan keputusan pembelian secara langsung mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 0,212 atau 78% berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran, karakteristik pelanggan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Sagitta, A. E., Najib, M., & Yasid, M. (2020). MARKETING MIX DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA SALON MUSLIMAH DI KOTA BOGOR. JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i1.2630
Section
Articles
Author Biography

Ajeng Eka Sagitta, Tazkia Institute

Ajeng eka sagiita, lahir di Bandung 13 desember 1982,

saat ini sedang menempuh kuliah dan menyelesaikan tesis pascasarjana di Institute Tazkia Bogor. 

seorang guru disalah satu sekolah swasta  SMK Pembangunan Kota Bogor

Telah meneyelesaikan S1 di Universitas Padjajaran Bandung 2006 lalu

saat ini bertempat tinggal di Lanud Atangsanjaya F2 No.15 Bogor

 

 

References

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus kasus pilihan. Yogyakarta CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Anita 2012, Serba muslimah. Dikutip 10 April 2019 dari serba muslimah Buku :http://serbamuslimah.com/perbedaan-salon-yang-biasanya-dengan-salon-uslimah/
BPS Badan Pusat Statistik. 2018. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi-Provinsi di Indonesia Menurut Jumlah penduduk 2017-2018. Katalog BPS930 2001.ISSN.0126-4796.Jakarta (ID). Badan Pusat Statistik.
Christopher Lovelock, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa, terj. Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera, Erlangga, Jakarta
Etta M. Sangaji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi Publisher.
Fajar Laksana. 2012. Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu. Yogyakarta
Fandy Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Andi,. Yogyakarta
Haghsenas, et all. 2013. Review Costumer Behaviour And Factor Affecting On 9Purchasing Decisions, Singapore journal of Business Economics and Management Studies Vol.1 No.10 Hal. 17-24
Huda Nurul, Handi Risza idris, Mustafa Edwin Nasution dan Ranti Wiliasih.2008. Ekonomi Makro Islam. Jakarta: Prenadamedia group
Hurriyati Ratih, M. Si., 2010, Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung
Japrianto dan Djati. 2011. Pengaruh Service Retail Marketing mix terhadap Kepuasan Belanja Tourism Shopper di Plaza Plaza Surabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen bisnis Vol.2 No.1 Hal 135-154
Jauhari Fadhill (2010) Kepribadian wanita muslim shalihah Dikutip 23 Pebuari 2010 dari Buku https://fadhlijauhari.wordpress.com//kepribadian-wanita-muslimah-shalihah
Juliansyah Noor, 2012, Metodologi Penelitian, Kencana, Jakarta
Kara, Muslimin 2012. Pemikiran Al-Syatibi Tentang Maslahah dan Implementasinya dalam pengembangan Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Vol.2 No.2
Kotler dan Amstrong,2012. Principle of Marketing. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong.(2016). Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip. 2019. Manajemen Pemasaran 4.0: Analisis Perencanaan, Implementasi dan control.Jakarta: PT. Prehallindo.
Lupiyodi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa berbasis kompetensi.(Edisi3) Jakarta: Salemba Empat
McKechnie, Sally, 2012. Costumer Buying Behaviour in Financial Service: An Overview. North California: University of North California.
Mowen,J.C.,dan Minor, M. 2012 Prilaku konsumen Jilid 1. Edisi kelima(terjemahan). Jakarta : Erlangga
Nasution. Mustafa Edwin. 2009 Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta:Prenada Media
Philip Kotler dan Gary Amstrong 2014, Prinsip Prinsip Pemasaran terj.Bob Sabran, Jakarta :Erlangga
Philip Kotler dan Gary Armstrong, 2009, Prinsip-Prinsip Pemasaran, terj. Damos Sihombing,Erlangga, Jakarta
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2016, Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas Jilid I,terj. Bob Sabran, MM, Erlangga, Jakarta,
Pungnirund. (2013). The Influnce of Marketing Mix on Costumer Purchasing Behaviour at Chatuchak Plaza Market. Internasional journal of social, human and science and engineering vol:7 no.8 Hal 182-184
Rully Indrawan dan Poppy Yaniawati, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, PT Refika Aditama, Bandung,
Saleem, Sarfraz Raja 2014. The Impact of Service Quality on Customer Satisfafaction, Costumer loyalty and Brand Image: Evidence Journal from Hotel Industry of Pakistan Vol.3 No.11 Hal 18-25
Sani,Ahmad. Maharani,vivin. 2013. Metodelogi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press
Sefnedi 2013. Analisis Service Marketing Mix dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pemilihan jasa pendidikan Program Pasca Sarjana, Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol.1 No.2 Hal 64-76
Selim Ahmed and Md.Habibur Rahman. 2015) The Effects of Marketing Mix On Costumer Satisfaction: A Literature Review From Islamic Perspectives Journal Vol.2 No.1 Hal.17-30
Setiawan Budi Utomo, 2003, Fiqih aktual: jawaban tuntas masalah kontemporer, Gema Insan Jakarta hal.134-135
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Alfabeta, Bandung
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Sukotjo dan Radix 2010. Analisa Marketing Mix 7P (Product, Price, Prmotion, Place, Partisipant, Process, Physical eviden) terhadap keputusan pembelian produk klinik kecantikan teta disurabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol.1 No.2 Hal 216-228
Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta:Liberty Yogyakarta.
Sumarwan Ujang M,Sc,2011, Prilaku konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Jakarta :PT Ghalia Indonesia.
Yusuf, A Muri. 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian. Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.