ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BMT: STUDI KASUS PADA BMT MUDA, SURABAYA JAWA TIMUR

Fatin Fadhilah Hasib, Muhammad Bastomi Fahri, Dwi Swasana Ramadhan

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi yang dilakukan dalam pengembangan BMT untuk mendapatkan strategi terbaik. Penerapan strategi didasarkan pada competitive strategi yang dilandaskan pada perspektif Islam. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus pada BMT Muda, Surabaya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi yang dapat dijalankan oleh BMT. SWOT matrik dipilih karena lebih cocok dapat digunakan pada bisnis kecil dan menengah. Berdasarkan analisis SWOT maka ada, empat strategi utama yang dipilih di dalam mengembangkan BMT.

Keywords

Strategic Management. BMT, SWOT

Full Text:

PDF

References

Adnan, Akhyar Muhammad, Widarjono, Agus and Anto, M. B. H. (2003). Study on Factors Influencing Performance of the Best Baitul Maal. Iqtisad Journal of Islamic Economics, 4(1), 13–35.

Adnan, M. A., & Ajija, S. R. (2015). The effectiveness of baitul maal wat tamwil in reducing poverty. Humanomics, 31(2), 160-182.

Aziz, M.Amin. (2006). Tata cara pendirian BMT. Pusat komunikasi Ekonomi Syari’ah, Jakarta

Beekun, R. I. (2006). Strategic planning and implementation for Islamic organizations. IIIT (The International Institute of Islamic Thought).

Fontaine, R., & Ahmad, K. (2013). Strategic Management from an Islamic Perspective: Text and Cases. John Wiley & Sons.

Hosen, M. N., & Sa'roni, L. S. (2012). Determinant Factors of the Successful of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 1(4), 36.

Khorzanee, M. G., Mousakhani, M., & Ghasemi, H. (2014). A Survey On The Use Of Strategic Management In Islamic Republic Of Iran's Football Federation. Kuwait Chapter of the Arabian Journal of Business and Management Review, 3(8), 118.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

McQueen, K., and Weiser J. (2007). Small Business Development Strategies Practices to Promote Success among Low-Income Entrepreneurs, Branfod, CT, Brody Weiser Burns

Permana, D., Halim, H. A., & Ismail, I. (2012, January). Recognising middle managers' strategic roles in the strategic implementation: The case of Islamic banking in Indonesia. In International Conference on Business Strategy and Organizational Behaviour (BizStrategy). Proceedings (p. 56). Global Science and Technology Forum. doi: 10.5176/2251-1970_BizStrategy32

Talib, S. A., & Bakar, A. H. (2014). Halal logistics in malaysia: A SWOT analysis.Journal of Islamic Marketing, 5(3), 322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.