IMPLEMENTASI NILAI-NILAI CORPORATE CULTURE PADA KARYAWAN BANK SYARIAH (STUDI BANK BJB SYARIAH KC BOGOR)

Muhamad Aditya Darmawan, Furqonul Haq, Afiaty Kurniasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai corporate culture pada Bank iBJB Syariah KC Bogor dan bagaimana implementasi nilai-nilai corporate culture pada karyawan Bank BJB Syariah KC Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan tentang objek berupa lisan maupun tulisan dari narasumber dan perilaku yang diamati guna mendapatkan data-data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa nilai-nilai budaya pada Bank BJB Syariah KC Bogor yaitu MASLAHAH Militan, Amanah, Solusi, Layanan, harmoni dan Holistik yang mana secara keseluruhan telah diterapkan pada karyawan melalui isosialisasi yang dilakukan sejak awal pemilihan calon karyawan dan juga pada karyawan yang sudah bekerja di perusahaan. Tidak hanya itu sosialisasi juga dilakukan dengan adanya ibuku saku yang dijadikan pedoman dalam berperilaku, kemudian nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari para karyawan. Penerapan nilai-nilai budaya perusahaan pada karyawan Bank BJB Syariah KC bogor sudah cukup baik., Sehingga berdampak pada keseharian para karyawan dikantor jadi lebih semangat, lebih disiplin dan tanggung jawab, memiliki hubungan baik antar karyawan serta hubungan baik dengan atasan, meningkatnya kepercayaan dan loyalitas nasabah terhadap Bank BJB Syariah KC Bogor.

Keywords

Corporate Culture; Implementasi

Full Text:

PDF

References

Naskah ijurnal iatau iabstrak

Hajaroh, M. (2005). Paradigma, Pendekatan Dan Metode Penelitian Fenomenologi. Dosen Program Studi Kebijakan Pendidikan FIP UNY, bidang keahlian Penelitian dan Evaluasi Pendidikan., 13.

Akib, H. (2010). Implementasi Kebijakan. Journal Administrasi Publik Vol 1 No. 1, 2.

H.M, M.M. (2014). Sistem Nilai dan Pandangan Hidup Serta Relasinya Dengan Ilmu pengetahuan. wardah No. 8, 64.

Harding, D. N, E., & Fitriana, E. (2015). Universitas Nilai-nilai Personal Karyawan Universitas Islam Bandung. Psychology Forum UMM ISBN: 978-979-796-324-8, 100.

Jamin, I., Zamsyah, I., & iAnisa, I. (2007). Corporate Culture And Health Care Organization. Journal Community of Health vOL. 13 No. 1, 4-5.

Latifah, U., & Haryani, S. (2014). Pengaruh Motivasi, Pengawasan Dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Kariawan Perusahaan Pengecoran "Sp" Yogyakarta. Telaah Bisnis Volume 15, 97.

Lorincova, S., & Hitko, M. B. (2016). Budaya Perusahaan di Slovakia Sebagai Faktor Kualitas HRM. jurnal internasional untuk Kualitas HRM.

Lukman, M. B., & Sunarti, e. (2015). Pengaruh Penerapan Perusahaan Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan Di Pt Rekayasa Industri. Aplikasi Bisnis Manajemen (JABMAN) vOL. 1 No 1, 2.

Moeljono, D. (2005). Good Corporate Culture. Benefit, Vol 9 No 2, 155.

Perbawasari, S., & Setianti, Y. (2013). Komunikasi Dalam Transformasi Budaya Perusahaan. Jurnal Komunikasi Vol.16 No 1, 2.

Prajitisari, E. B., & A.S, T. (2009). Budaya Korporat Dan Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero Tulungangung). Wacana Vol.12 no 2, 232.

Syihabudin. (2007). Pengaruh Budaya Dan Citra Perusahaan Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan. Moderenisasi Vol. 3 No 2, 73.

Vasquez, l., & Gonjales. (2015). budaya organisasi dari teori Edgar studi fenomenologis. majalah clio amerika ISSN: 1909-941 XVol 19 No 17.

Wibowo, A. S. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi kepuasan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Kariawan. Jurnal Manajemen Bisnis, 2.

Widuri, R., & Paramita, A. (2007). Analisis Hubungan Peranan Budaya Perusahaan Terhadap Penerapan Good Corporate Governance Pada PT Aneka Tambang TBK. Journal The winner Vol. 8 No. 2

Buku

Djokosantoso, M. (2003). Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi. Jakarta: Elex media.

Drajat, Z. (1984). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: CV Kuning Mas.

Sautlan, L. M. (2018). Aset Bank Syariah Tumbuh 20,65 per Februari. Jakarta: Kontan.co.id.

Sitanggang, F., & Hardjo, R. (2014). Penguatan Budaya Organisasi di Kantor Pusat Bank Indonesia. Public Administration, 2.

Suryana, T. (1996). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan tinggi. Bandung: Tiga Mutiara.

Tasmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani.

Pandawati, S. (2007). Kajian Filosofis dan Nilai-nilai Islam dalam Hikayat Raja Rahib. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Komang, W. (2009). Perilku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wirawan. (2007). Budaya dan iklim organisasi Teori Aplikasi dan penelitian. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.