PROSES PELAKSANAAN PROGRAM CSR BINA LINGKUNGAN KOMUNIKASI (BILIKOM) PADA MASYARAKAT DESA BINAAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan program CSR Bina Lingkungan Komunikasi (BILIKOM) pada masyarakat desa binaan Gunung Putri CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Citeureup Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung. Key Informan dalam penelitian adalah Section Head CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan Informant masyarakat desa binaan Gunung Putri. Hasil dari penelitian ini adalah Program yang dibahas oleh seksi Community Development (CD) dari CSR dalam Bilikom yaitu membahas lima pilar yaitu pilar pendidikan, pilar kesehatan, pilar ekonomi, pilar Sosial, Budaya, Agama, Olah raga (SOSBUDAGOR), pilar keamanan. Proses Pelaksanaan Bilikom di CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yaitu dengan cara penyampaian pesan dari komunikator, pihak CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menyampaikan pesan kepada pihak komunikan yakni masyarakat desa binaan. Penyampaian pesan tersebut melalui forum Bilikom. Pihak CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk mempunyai program lima pilar dan akan dilakukan merata di desa binaan Gunung Putri. Program Infrastruktur yang berhasil dilaksanakan Bilikom di desa binaan Gunung Putri yaitu Pembangunan sarana posyandu, selanjutnya pilar Sosbudagor yaitu pembangunan sarana ibadah di desa binaan Gunung Putri yaitu rehab MTS Al-Mutaqin dan pembangunan majelis Talim Al-Barokah kegiatan Sosial, Budaya, Agama dan Olah raga. (Sosbudagor), CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, selanjutnya betonisasi jalan desa binaan Gunung Putri dan bantuan program rutilahu (bantuan rumah untuk orang yang kurang mampu). Kata Kunci: Pelaksanaan Program CSR, Masyarakat Desa Binaan Gunung Putri
Article Details
How to Cite
Prasetyo, A., Suryatna, U., & Agustini, A. (2017). PROSES PELAKSANAAN PROGRAM CSR BINA LINGKUNGAN KOMUNIKASI (BILIKOM) PADA MASYARAKAT DESA BINAAN. JURNAL KOMUNIKATIO, 1(2). https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.187
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Alfitri. 2011. Community Deveolopment teori dan aplikasi. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.
Basrowi S. 2008. Memahami penelitian kualitatif. Bogor (ID) : Rineka Cipta. Daryanto. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung (ID) : CV Yrama Widya.
Hadi N. 2011. Corporate Social Responsibility, Yogyakarta (ID): Graha Ilmu. Iriantara Y. 2013. Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media.
Kurniati T. 2011. Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility). Yogjakarta (ID) : Samudra Biru.
Marhaeni F. 2009. Ilmu Komunikasi teori & Praktik. Yogyakarta (ID): Candi Gamblang Permai.
Rusdianto U. 2013. CSR Communications A Framwork for PR Practitioners. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.
Rahman. 2009. Corporate Social Responsibility antara teori dan kenyataan. Yogyakarta (ID): Media Pressindo.
Solihin I. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to sustainability. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat.
Suharto E. 2009. Pekerjaan Sosial di Industri memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung (ID): Alfabeta.
Widjaja HAW. 2010. Komunikasi: komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta (ID): Bumi Aksara.
Basrowi S. 2008. Memahami penelitian kualitatif. Bogor (ID) : Rineka Cipta. Daryanto. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung (ID) : CV Yrama Widya.
Hadi N. 2011. Corporate Social Responsibility, Yogyakarta (ID): Graha Ilmu. Iriantara Y. 2013. Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media.
Kurniati T. 2011. Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility). Yogjakarta (ID) : Samudra Biru.
Marhaeni F. 2009. Ilmu Komunikasi teori & Praktik. Yogyakarta (ID): Candi Gamblang Permai.
Rusdianto U. 2013. CSR Communications A Framwork for PR Practitioners. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.
Rahman. 2009. Corporate Social Responsibility antara teori dan kenyataan. Yogyakarta (ID): Media Pressindo.
Solihin I. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to sustainability. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat.
Suharto E. 2009. Pekerjaan Sosial di Industri memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung (ID): Alfabeta.
Widjaja HAW. 2010. Komunikasi: komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta (ID): Bumi Aksara.