STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA
Main Article Content
Abstract
Oriflame merupakan perusahaan multilevel marketing kosmetik yang bertahan cukup lama di Indonesia, yaitu sekitar 20 tahun. Tetapi semakin banyaknya perusahaan multilevel marketing yang mengembangkan sayapnya pada bidang kosmetik, maka pesaing Oriflame akan semakin bertambah. Oriflame menawarkan beberapa cara untuk tetap memberikan kepercayaan kepada setiap distributornya, hal inilah yang membuat bisnis Oriflame menjadi begitu unik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha di Taman Topi Square Bogor. Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Oriflame melalui jaringan distributor untuk keberhasilan pemasaran produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran Oriflame yang merupakan ujung tombak terciptanya kualitas kepercayaan mitra usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame berpengaruh terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha dengan tingkat pengaruh sedang yang korelasinya sebesar 26,32%.
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Distributor, MLM Oriflame.
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Distributor, MLM Oriflame.
Article Details
How to Cite
Rohana, R., Agustini, A., & Ratnamulyani, I. A. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA. JURNAL KOMUNIKATIO, 1(2). https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.169
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Ardianto E. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif : Bandung (ID): Simbiosa.
Bloom, PN dan Louise NB. 2006. Strategi Pemasaran Produk Edisi Terjemahan. Jakarta (ID): Prestasi Pustaka.
Dantes N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta (ID): Andi.
Effendy O. 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung (ID) : Rosda Karya.
Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga. Iriantara Y. 2004. Community Relations. Bandung (ID) : Rosdakarya. Jenu WT. 2013. Stop Promotion Start Communication. Jakarta (ID) : Elex Media Computindo.
Kennedy JE, RD Soemanagara. 2006. Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta (ID) : PT. Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia). Kotler dan Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke Sembilan. Jakarta (ID) : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler P dan Keller KL.2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. Jakarta (ID): PT. Indeks.
Littlejhon SW. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta (ID) : Salemba Humanika Mahmud M. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta (ID) : Cakra Ilmu
Mulyana D. 2008. Ilmu Komunikasi, Bandung (ID) : Rosdakarya.
Novirina SI. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame.[SKRIPSI]. Semarang (ID): Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Prisgunanto I. 2006. Komunikasi Pemasaran Startegi & Taktik. Bogor (ID) : Ghalia Indonesia Ramadhani P. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Jasa dan Produk Bank X Bagian Custemer Services Terhadap Kepuasan Nasabah. [SKRIPDI]. Bogor (ID) : FISIP Universitas Djuanda Bogor.
Rahmadhani A. 2011. Strategi Komunikasi Perusahaan Oriflame Dalam Merekrut Customer Di Kota Makassar. Makassar (ID) : Komunikasi FISIP Universitas Hasanudin Makassar.
Ruslan R. 2010. Metode Penelitian Public Relation & Komunikasi. Jakarta (ID) : Rajawali Pers.
Tjiptono F. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta (ID) : Andi.
Uyanto S. 2006. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta (ID) : Graha Ilmu. Winardi. 1989. Strategi Pemasaran: Marketing Startegy. Bandung (ID) : Mandar Maju.
Bloom, PN dan Louise NB. 2006. Strategi Pemasaran Produk Edisi Terjemahan. Jakarta (ID): Prestasi Pustaka.
Dantes N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta (ID): Andi.
Effendy O. 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung (ID) : Rosda Karya.
Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga. Iriantara Y. 2004. Community Relations. Bandung (ID) : Rosdakarya. Jenu WT. 2013. Stop Promotion Start Communication. Jakarta (ID) : Elex Media Computindo.
Kennedy JE, RD Soemanagara. 2006. Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta (ID) : PT. Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia). Kotler dan Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke Sembilan. Jakarta (ID) : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler P dan Keller KL.2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. Jakarta (ID): PT. Indeks.
Littlejhon SW. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta (ID) : Salemba Humanika Mahmud M. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta (ID) : Cakra Ilmu
Mulyana D. 2008. Ilmu Komunikasi, Bandung (ID) : Rosdakarya.
Novirina SI. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame.[SKRIPSI]. Semarang (ID): Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Prisgunanto I. 2006. Komunikasi Pemasaran Startegi & Taktik. Bogor (ID) : Ghalia Indonesia Ramadhani P. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Jasa dan Produk Bank X Bagian Custemer Services Terhadap Kepuasan Nasabah. [SKRIPDI]. Bogor (ID) : FISIP Universitas Djuanda Bogor.
Rahmadhani A. 2011. Strategi Komunikasi Perusahaan Oriflame Dalam Merekrut Customer Di Kota Makassar. Makassar (ID) : Komunikasi FISIP Universitas Hasanudin Makassar.
Ruslan R. 2010. Metode Penelitian Public Relation & Komunikasi. Jakarta (ID) : Rajawali Pers.
Tjiptono F. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta (ID) : Andi.
Uyanto S. 2006. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta (ID) : Graha Ilmu. Winardi. 1989. Strategi Pemasaran: Marketing Startegy. Bandung (ID) : Mandar Maju.