PROSES MANAJEMEN PROGRAM ACARA INDONESIA MORNING SHOW NET TV
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis program acara Indonesia Morning Show di Net TV, (2) Menganalisis proses manajemen program acara Indonesia Morning Show Net TV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, informan dan key informan. Hasil Penelitian ini menunjukkan 1) Program acara Indonesia Morning Show di Net TV melalui tiga tahap utama yaitu pra-produksi, produksi dan pasca-produksi yang dimana dalam tahapannya memiliki proses yang berbeda. Proses manajemen program acara Indonesia Morning Show Net TV melaksanakan empat fungsi dasar yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kepemimpinan dan pengawasan. 1) Perencanaan dalam redaksional program Indonesia Morning Show mencakup rapat redaksi, menentukan topik utama, menentukan headline berita, membuat paket-paket pengantar berita, menyusun rundown, menentukan narasumber, menentukan lokasi shooting, dan pemilihan presenter. 2) Fungsi pengorganisasian dalam program Indonesia Morning Show dijalankan secara normatif. 3) Fungsi pengarahan yang dijalankan yaitu pengarahan seorang pemimpin kepada para stafnya agar bersedia melaksanakan tugas, mendorong dan memotivasi bawahan, serta menciptakan iklim atau suasana pekerjaan yang kondusif. 4) Pengawasan terhadap program Indonesia Program Show dimulai dari evaluasi setiap tayangan produksi. Evaluasi berfungsi sebagai alat untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan yang terjadi.
Article Details
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Djuroto T. 2004. Manajemen Penerbitan pers. Bandung (ID): PT. Remadja Rosdakarya.
Fatah N. 2003. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.
Koehler JW. 2011. Organizational Communication: Behavioral Perspective, New York (US): McGraw-Hill.
Kusnadi, Soelaiman M, Sumeidi K, Dadang S 2004. Pengantar Manajemen (Konseptual & Perilaku), Bandung (ID): Unibraw.
Kusumaningrat H. 2009. Jurnalistik Teori dan Praktek, cet. 3. Bandung (ID): PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong LJ. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): PT. Remaja Rosda Karya.
Morissan. 2008. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Bandung (ID): Kencana.
Purwanto MN. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.
Terry GR, Rule LW. 2012. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta (ID): Bumi Aksara.
Usman KS. 2009. Television News Reporting and Writing. Bogor (ID): Ghalia Indonesia.
Wibowo F. 2009. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta (ID): Pinus Book Publisher.