HUBUNGAN KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN ORGANISASI DAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN KERJA

Authors

  • Muhammad Rizki Zaenudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R. Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sakti Alamsyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v7i1.3251

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi, Muhammadiyah, Lingkungan Organisasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Peningkatan pendidikan Muhammadiyah sebagai pencetak kader pelopor, pelangsung dan penyem-purna dakwah belum dioptimalkan dengan baik oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukabumi sehingga kurang kepuasan yang dirasakan oleh sekolah khususnya guru untuk mewujudkan cita-cita masyarakat Islam yang sebenar-benarnya pada setiap kegiatan belajar-mengajar di sekolah Muhammadiyah. Permasalahan kepuasan kerja guru ini diduga berhubungan dengan faktor kepemimpinan, lingkungan organisasi dan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kepemimpinan, lingkungan organisasi dan motivasi dengan kepuasan kerja guru Muhammadiyah Sukabumi. Metode penelitian bersifat eksplanatori. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus dan skala pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian dianalisis dengan rumus korelasi Rank Kendall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, lingkungan organisasi dan motivasi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru Muhammadiyah di wilayah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukabumi. Pengaruh tersebut sebesar 56,30%, sementara 43,70% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, peningkatan kepuasan kerja guru perlu diimbangi dengan memperbaiki kepemimpinan, lingkungan organisasi dan motivasi, baik secara parsial maupun secara bersama-sama.

Author Biographies

Muhammad Rizki Zaenudin, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Program Studi S2 Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jl. R. Syamsudin, SH No. 50, Cikole, Kota Sukabumi 43113

R. Deni Muhammad Danial, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Program Studi S2 Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jl. R. Syamsudin, SH No. 50, Cikole, Kota Sukabumi 43113

Sakti Alamsyah, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Program Studi S2 Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jl. R. Syamsudin, SH No. 50, Cikole, Kota Sukabumi 43113

References

Buku
Enny, Mahmudah W. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.
Haq, Andri Moewashi Idharoel. (2018). Muhammadiyah di Sukabumi Jawa Barat: Awal Penyebaran dan Perkembangannya. Sukabumi: LAIK UMMI.
Hasibuan, Malayu. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrasari, Meithiana. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Siwiyanti, Leonita dan Prahasti Suyaman. (2014). Potret Muhammadiyah dan Aisiyah Sukabumi. Bekasi: CV. Nurani.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah di Pahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supartha, Wayan Gede & Sintaasih, Desak Kentut. (2017). Pengantar Perilaku Organisasi: Teori, Kasus dan Aplikasi Penelitian. Denpasar: CV. Setia Bakti.
Tewal, Benhard, Adolfina, Pandowo, Tawas. (2017). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo.
Wahab, Abdul Aziz. (2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan Telaah terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Safarila, Asri Wahyuni & Supardi, Endang. (2016). “Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja sebagai Determinan Kinerja Pegawai”. MANPER, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 19-29. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3265.
Cahaya, Setiawan Kiki. (2015). “Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasi PT. Pusri Palembang”. PSIKIS, Jurnal Psikologi Islami, 1(1): 23-32. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/554.
Tesis
Maripatullah, Awaludin. (2016). Pengaruh Lingkungan Organisasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kaur. Tugas Akhir Program Magister (TAPM). Jakarta: Program Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Terbuka Jakarta.
Ramadhan, Aditya. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya di Kota Palembang. Tesis. Palembang: Program Studi Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang. http://repository.um-palembang.ac. id/id/eprint/4670.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Zaenudin, M. R., Danial, R. D. M., & Alamsyah, S. (2021). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN ORGANISASI DAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN KERJA. Jurnal Governansi, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.30997/jgs.v7i1.3251
Abstract viewed = 396 times