PENGELOLAAN DANA ZAKAT: STUDI AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Mas Nur Mukmin
Susilawati Susilawati

Abstract

Pengelolaan dana zakat telah diatur oleh negara melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011, mulai dari perencanaan hingga pendistribusian. Dana zakat dapat dikelola oleh Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Kota Bogor memiliki 6 OPZ yang menjadi objek pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap pengelolaan dana zakat di Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Data yang digunakan pengolahan jawaban kuesioner kepada amil zakat (funder) pada BAZNAS Kota Bogor, Rumah Zakat, LAZ Al-Bunyan, DPU (Darut Tauhid Peduli Bogor), Yatim Mandiri, dan Baytul Maal Bogor. Terdapat 33 amil zakat sebagai sampel. Pengujian dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan semua instrumen dalam penelitian ini valid dan reliabel dan model dalam penelitian ini layak. Hasil analisis dan pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial akuntabilitasdan transparansi berpengaruh terhadap pengelolaan dana zakat OPZ di Kota Bogor.

Article Details

How to Cite
Mukmin, M. N., & Susilawati, S. (2020). PENGELOLAAN DANA ZAKAT: STUDI AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT DI KOTA BOGOR. JURNAL AKUNIDA, 6(1), 52–66. https://doi.org/10.30997/jakd.v6i1.2809
Section
Articles

References

Al-Qur’an dan terjemahan. Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta. 2008.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
BAZNAS Badan Amil Zakat Nasional. 2018. Laporan 4 Tahun BAZNAS Kota Bogor tahun 2014-2017. Bogor (ID): BAZNAS Kota Bogor.
BAZNAS dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. 2011. Estimasi Potensi Zakat Nasional. Majalah Sabili. No. 24/XVIII.
Fatmawati. 2017. Pengaruh Shariah Compliance, Transparansi, Akuntabilitas Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (Sdm) Terhadap Pengelolaan Dana Zakat Studi Pada Organisasi Pengelola Zakat Di Kabupaten Sukoharjo. Jurusan Akuntansi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Surakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2010. PSAK No.109 Tentang Pernyataan Akuntansi Keuangan. Jakarta. IAI.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). PSAK 45: Laporan Keuangan Entitas Nirlaba (Edisi Revisi). Jakarta: Ikatan Akuntan.
Khoiriyah dan Indri. 2016. Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi dan Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi pada LAZ Rumah Sakit). Jurnal Ekonomi
Kristin P, A., & Umah, U. K. (2011). Penerapan Akuntansi Zakat Pada Lembaga Amil Zakat (Studi Pada LAZ DPU DT Cabang Semarang). Jurnal Unimus. Voume 7 No. 2. Hal 68-97. Semarang: UNIMUS.
Kusuma, I. C., Nurfitri, R., & Mukmin, M. N. (2019). Pengaruh Pressure, Opportunity, Rasionalization Dan Capability Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Fraud). JURNAL AKUNIDA, 5(1), 54-68.
Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik, Cet. I. Yogyakarta: Andi.
Muhammad, R. (2016). Akuntabilitas Keuangan Pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Accounting and Investment, 7(1), 34-55.
Nurhayati, N., Fadilah, S., Iss, A., & Oktaroza, M. L. (2018). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas Dan Transparansi Pelaporan Keuangan Terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakatpada Badan Amil Zakat (Baz) Di Jawa Barat. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 4(1), 577-584.
Setiawan, A. B., & Andris, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Barat. JURNAL AKUNIDA, 5(1), 1-9.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 Tahun 2011 tentang: Pengelolaan Zakat.
Yuliafitri, I., & Khoiriyah, A. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi Pada LAZ Rumah Zakat). Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2).
Wawanncara dengan 13 muzakki di Mesjid Raya Kota Bogor (pada tanggal 04 Januari 2019).
http://bps.go.id. (diakses pada tanggal 16 Desember 2018).
http://pusat.baznas.go.id/profil/(diakses pada tanggal 17 Maret 2019).