PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS LITERASI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KHOERIYAH 01

Main Article Content

Inang Bethan

Abstract

Tujuan dari pada artikel ini adalah untuk membicarakan atau membahas terkait perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian tentang pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah ibtidaiyah Al-Khoeriyah 01. Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan pendekatan studi kasus, dengan sumber datanya adalah diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam  berbasis literasi di MI Al-Khoeriyah 01 mendapati bahwasannya pada proses perencananan pembelajaran sejarah kebudayaan islam berbasis literasi di MI Al-khoeriyah 01 dilakukan dua kali berturut-turut dalam satu minggu pada hari rabu dan kamis dengan waktu satu setengah jam. pada tahapan penerapan pembelajaran sejarah kebudayaan islam berbarsis literasi ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu : 1). Pembuatan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik 2). Pelaksanaan pembelajaran melalui tiga tahap yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup,Metode dan media literasi yang digunakan yakni dengan ceramah, audio visual dan reading comer.3) Pada tahapan evaluasi pembelajaran meliputi tiga domain yakni efektif, kognitif dan psikomotorik.

Article Details

How to Cite
Bethan, I. (2023). PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS LITERASI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KHOERIYAH 01. Karimah Tauhid, 2(5), 1910–1915. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9664
Section
Articles

References

Faidah, N., & Maarif, M. A. (2022). Literacy-Based Islamic Cultural History Learning at Islamic Elementary School. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(2), 110–122. https://doi.org/10.35316/jpii.v6i2.345

Hasmar, A. H. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 15. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6789

Karya Abdi, J., Asri Humaira, M., Halim Sudjani, D., Febriani Sya, M., Indra, S., Syamsudin, D., & Khotamir Rusli, R. (n.d.). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama.

konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. (n.d.).

Mahendra, H. H., Winarti, D., Febriani, D., Universitas, ), & Tasikmalaya, P. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN HUMANISTIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Tunas Bangsa (Vol. 6, Issue 1).

Nugraha, D., Salim Mansyur, A., Yuliati Zaqiah, Q., Al-Azami Cianjur, S., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PAI tentang Taharah melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Digital. 15(1). https://doi.org/10.31603/paedagogie.v15i1.3600

Rasyid, A., Tsanawiyah, M., Pakuli, A.-K., & Sigi, K. (2018). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHAIRAAT PAKULI KABUPATEN SIGI. In Scolae: Journal of Pedagogy (Vol. 1, Issue 1).

Saitya, I., Olahraga, P., & Harapan Bima, S. (2022). PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pior

Tujuan Pendidikan Islam. (n.d.).